visitaaponce.com

Pemprov Sultra Lepas Ekspor 128 Ton Ikan Tuna ke Amerika Serikat dan Filipina

Pemprov Sultra Lepas Ekspor 128 Ton Ikan Tuna ke Amerika Serikat dan Filipina
Pelepasan ekspor ikan Tuna dari Kendari ke Filipina dan Amerika Serikat(Dok. Pemprov Sultra)

PEMERINTAH provinsi Sulawesi Tenggara kembali melakukan ekspor hasil perikanan yakni ikan tuna dan kepiting ranjungan ke Filipina dan Amerika Serikat, di pelabuhan Kendari new port (KNP), Selasa (20/2).

Dalam ekspor itu pemprov Sultra menggandeng PT Samodra Berkah Indonesia selaku perusahaan swasta yang melakukan ekspor sebanyak 128 ton.

Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio mengatakan, Ekspor tersebut sebagai promosi terhadap kekayaan hasil perikanan di Sulawesi Tenggara, ke negara luar seperti Amerika dan Filipina.

Baca juga : Kepulauan Sangihe Ekspor Ikan Tuna Perdana ke Filipina

"Ekspor ini tentu selain peningkatan disektor usaha perikanan kita, tentunya sebagai promosi bahwa Sultra memiliki sumber daya alam yang baik kepada negara luar,"ungkap Asrun Lio.

Ia juga mengungkapkan, pemprov selalu berupaya  menjaga stok hasil perikanan di Sultra agar tetap stabil sehingga memenuhi kebutuhan dari negara luar

"Kita perbaiki sumberdaya alam kita supaya ekosistem ikan tuna dan kepiting ranjungan agar tetap berkelanjutan,"jelasnya.

Baca juga : Bea Cukai Madura Lepas Ekspor 30 Juta Batang Rokok ke Filipina

Sementara itu, komisaris PT Samodra Berkah Indonesia, Edy Sagala Ekspor ini untuk memenuhi kebutuhan buyer dari Filipina dan Amerika

"Permintaan dari alians dimana yellow find 25 ton dan skip Jack 50 ton. Ekspor ini akan berlanjut terus jika di kendari stoknya tidak ada kami akan cari di baubau Wakatobi untuk memenuhi kebutuhan permintaan dari pihak alians, "kata Edy. (Z-5)

Baca juga : Indonesia Minta Jepang Permudah Urusan Ekspor

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat