visitaaponce.com

Harga Cabai Melonjak ke Rp100 Ribu per Kg

Harga Cabai Melonjak ke Rp100 Ribu per Kg
Ilustrasi.(Dok MI)

HARGA cabai di sejumlah pasar di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), melonjak drastis. Bahkan, ada cabai yang kini mencapai Rp100 ribu per kg.

Salah seorang pedagang di Pasar Wage Purwokerto, Rodiyah, 62, mengatakan harga cabai merah keriting mengalami lonjakan setiap hari. "Kalau sekarang, harganya telah mencapai Rp90 ribu hingga Rp100 ribu. Kalau eceran, 0,25 kg saya jual Rp25 ribu," jelasnya pada Kamis (22/2).

Menurutnya, harga cabai merah keriting tersebut mengalami lonjakan sejak dua pekan terakhir. Setiap hari harganya mengalami kenaikan. Dalam kondisi normal, harga cabai merah keriting hanya Rp60 ribu per kg.

Sedangkan warga asal Kelurahan Arcawinangun, Purwokerto Timur, Dian, 48, mengaku kaget karena saat membeli cabai rawit merah harganya sudah melonjak. "Sebelumnya, saya membeli paling hanya Rp18 ribu per 0,25 kg atau 1 kg mencapai Rp72 ribu per kg. Namun, hari ini saya membeli sudah Rp24 ribu per 0,25 kg. Jadi, 1 kg mencapai Rp96 ribu," katanya.

Menurutnya, berdasarkan penuturan pedagang, harga cabai rawit merah melonjak karena tidak ada petani yang panen. "Selain itu, menurut mereka, ini karena cuaca yang hujan terus berdampak pada tanaman cabai," ujarnya. (Z-2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat