visitaaponce.com

Mendag Zulhas Klaim Harga Beras, Jagung, Cabai sudah Turun

Mendag Zulhas Klaim Harga Beras, Jagung, Cabai sudah Turun
Metenri Perdagangan Zulkifli Hasan mengecek ketersesiaan bahan pangan di pasar.(MI)

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan inspeksi ke Pasar Anyar Bogor, Jawa Barat, guna memantau perkembangan harga pangan pokok. Dalam inspeksi itu, ia menemukan harga jagung untuk pakan sudah mulai turun.

Sebelumnya, komoditas tersebut dihargai Rp8.000 per kilogram. Sekarang, angkanya sudah berada di kisarab Rp4.200-Rp5.200 per kilogram.

"Sekarang sudah Rp4.200-Rp5.200 per kilogram," kata Mendag di Pasar Anyar, Bogor, Senin (18/3).

Baca juga : Airlangga Umumkan Harga Pangan yang Naik dan Turun

Namun, turunnya harga pakan belum otomatis membuat harga daging dan telur ayam turun. Harga daging ayam masih berada di level Rp40.000 kilogram dan telur ayam RpRp32.000 per kilogram. Ia beralasan ayam dan telur yang dijual saat ini masih menggunakan komposisi pakan yang dibeli dengan harga mahal.

"Ayam dan telur belum turun karena gemukinnya itu pake jagung yang Rp8.000 per kilogram, jadi belum turun," tuturnya.

Selain itu, harga berbagai jenis cabai juga berangsur turun. Di Pasar Anyer, harga cabai rawit dibanderol Rp60.000 per kilogram, cabai merah keriting sebesar Rp50.000 per kilogram, dan cabai merah besar Rp40.000 per kilogram.

Baca juga : Beras Mahal, Mendag Zulhas Janji akan Rapatkan dengan Instansi Terkait

"Cabai Jumat lalu masih Rp100 ribu-an. Sekarang, selang tiga hari sudah ada yang Rp60.000, jadi hampir normal," ungkap pria yang akrab disapa Zulhas itu.

kemudian, harga beras di Pasar Anyar juga mengalami penurunan dengan rentang Rp500-Rp1.000 per kilogram.

"Saya gembira karena beras turunnya sudah banyak, hampir Rp1.000 per kilogram. Mudah-mudahan akhir bulan sampai bulan depan akan panen raya sehingga akan normal harga beras lokal. Ini memang berasnya bulog stabil, distok terus, diguyur terus dari pemerintah baik SPHP maupun premium," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat