visitaaponce.com

Danau Toba Siap Mengulang Sukses Tahun Lalu Jadi Tuan Rumah F1Powerboat Championship

Danau Toba Siap Mengulang Sukses Tahun Lalu Jadi Tuan Rumah F1Powerboat Championship
(ANTARA/M RISYAL HIDAYAT)

KOMPETISI F1Powerboat Championship siap dimulai. Danau Toba di Sumatra Utara menjadi penyelenggara seri pembuka 2024. Danau Toba sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas di Indonesia telah siap menggelar balapan ke-300 dalam sejara F1Powerboat Championship.

Jelang balapan F1Powerboat di Danau Toba, Presiden Jokowi meresmikan dua seksi tol baru pada 7 Februari 2024 lalu. Dua seksi yang diresmikan Jokowi adalah Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh. Dua seksi tol ini merupakan akses menuju Danau Toba. Proyek ini menghabiskan anggaran Rp4,7 triliun. 

Jokowi berharap operasional jalan tol baru ini dapat meningkatkan konektivitas dan kecepatan logistik ke sekitar Danau Toba. Dengan demikan diharapkan akan mempersingkat perpindahan orang dan barang dari dan ke Danau Toba. 

Baca juga : F1 Powerboat Momentum Perkenalkan Pariwisata Danau Toba

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Danau Toba telah siap untuk mengulang kesuksesan penyelenggaraan tahun lalu. ‘’Kehadiran event F1Powerboat World Championship telah terbukti meningkatkan pariwisata yang pastinya juga akan meningkatkan perekonomian di wilayah Danau Toba,’’ ujar Menparekraf Sandi dalam konferensi pers di Medan, Kamis (22/2).

Sandi mengatakan bahwa dampak perekonomian pada event tahun lalu mencapai Rp391 miliar. ‘’Kami berharap multiplier effect dari kegiatan F1Powerboat di Danau Toba, pada 1-3 Maret 2024 naik 20%-25% dari yang sebelumnya mencapai Rp391 mliar,’’ harap Sandi.
 
Untuk mencapai itu, aksesibilitas, amenitas, dan fasilitas penunjang lainnya harus terus dikembangkan secara berkesinambungan. ‘’Dengan dmeikian, melalui kolabortasi aktif dari seluruh pihak, kita dapat menyambut para pembalap, kru, dan juga wisatawan domestik dan mancanegara,’’ kata Menparekraf.

Tonggak sejarah

Baca juga : Ajang Balapan Skuter Terbesar di Indonesia Scooter Prix Kembali Hadir 

Tahun baru dan musim balapan baru yang akan berlangsung di Indonesia, dan sepantasnya balapan ini menjadi tonggak sejarah baru bagi Kejuaraan Dunia Powerboat F1H2O.  Balapan tahun lalu, berlangsung sukses dan spektakuler dengan ditonton lebih dari 100.000 orang mulai dari kualifikasi hingga berlangsungnya balapan di danau vulkanik terbesar yang ada di selatan Kota Balige itu. 

Danau Toba yang berada di Kaldera Toba itu adalah satu dari 20 geopark di Indonesia yang telah diakui UNESCO pada 2020 sebagai geopark warisan dunia.  

Balapan pembuka musim 2024 telah digeser ke 1-3 Maret dari sebelumnya dijadwalkan pada 23-25 Februari, karena Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Setelah pemilu, Danau Toba yang membanggakan dan menawan itu akan kembali jadi arena balap bagi para pembalap perahu Formula 1, dan ini akan menjadi balapan ke-300 dalam sejarah balap jet di atas air yang menjadi pembuka musim 2024. 

Kejuaraan ini diikuti oleh para pembalap dari seluruh penjuru dunia seperti Amerika Serikat, Wales, Italia, Finlandia, Prancis, dan Swedia. Grand Prix Binh Dinh, Vietnam, akan ditambahkan dalam kalender sebagai arena balapan baru di Musim Balap 2024 pada 29-31 Maret. (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat