visitaaponce.com

Makassar segera Miliki Pusat Kota Baru

Makassar  segera Miliki Pusat Kota Baru
Salah satu bagian dari kota Makassar, Sulawesi Selatan(MI/Lina Herlina)

PUSAT Kota Makassar, sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan yang berada di tepi Pantai Loosari memang menjadi salah satu ikon dan lokasi kunjungan wisata, baik lokal mau pun manca negara. Kendati demikian, ada wacana untuk mmbuat pusat kota baru. 

Wacana itu muncul setelah berpindahnya Pelabuhan Petikemas Makassar ke Makassar New Port (MNP). "Tapi harus menunggu dulu setelah MNP beroperasi 100%. Sekarang masih 30%. Dan itu tentu butuh izin wali kota dan gubernur," kata Presiden Joko Widodo, saat berada di Makassar, Kamis (22/2).

Tentu Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, menyambut baik hal tersebut. Menurut wali kota yang akrab disapa Danny Pomano itu, dirinya memang punya rogram pembangunan kota yang bisa menjadi ikon dan daerah kunjungan wisata.

Baca juga : Kawasan Pelabuhan Makassar Raih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi

"Pusat kota kita akan semakin luas, dan dengan desain dan perancanaan yang lebih matang, maka ruang publik untuk masyarakat bertambah. Ini akan didesain lebih awal," seru Danny Pomanto, Jumat (23/2).

Banyak hal yang ingin dibangun di Kota Makassar, termasuk juga stadion baru. Dan lokasi pusat kota baru tersebut sangat strategis, mendapat
dukungan jalur transportasi. "Pelauhan dekat, kereta api bisa lewat, akses tol juga dekat menuju bandara," lanjut Danny.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sulawesi Selatan (Sulsel) pada tahun 2023, yakni mencapai 17.360 orang dibandingkan 2022 yang mencapai 5.914 orang.

"Peningkatan wisatawan di Sulsel, capai 293,54%. Ini cukup bagus untuk perkembangan pariwisata di Sulsel dan pemerintah daerah juga terus
melakukan pembenahan pada sektor pariwisata agar kunjungan wisatawan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu," ungkap Kepala BPS Sulsel Aryanto.

Sementara jumlah kunjungan turis asing untuk periode Desember 2023 sebanyak 1.500 kunjungan yang sebagian besar berasal dari Asia Tenggara. (LN/N-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat