visitaaponce.com

Pemkab Jembrana Luncurkan Bus Sekolah Gratis

Pemkab Jembrana Luncurkan Bus Sekolah Gratis
Acara peluncuran bus sekolah gratis oleh Pemkab Jembrana, Bali.(HO)

PEMERINTAH Kabupaten Jembrana, Bali meluncurkan Trans Bahagia, yang merupakan angkutan sekolah gratis bagi para siswa kategori kurang mampu. Peluncurkan program ini dilakukan di area parkir Pura Jagatnatha, Sabtu (2/3).

20 armada disiapkan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Jembrana untuk melayani 169 siswa SMP kurang mampu yang terdaftar di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Para siswa tersebut nantinya akan diantarjemput ke-14 SMP Negeri di Jembrana.

Bupati Jembarana, I Nengah Tamba mengungkapkan program angkutan sekolah gratis ini baru bisa direalisasikan karena harus melalui beberapa kajian regulasi serta penyiapan anggaran yang mencukupi. "Program ini baru dilaunching karena tantangannya banyak, dari sisi aturan kita lihat apakah sudah benar. Kemudian juga pihak ketiga dalam hal ini Organda apakah sudah siap dengan armadanya dan segala sesuatu yang menyangkut tentang kendaraan," ujarnya.

Baca juga : Asfera 2024 Wadah Mengasah Bakat Para Siswa

Dengan angkutan sekolah gratis ini, jelasnya, para siswa khususnya dari keluarga yang kurang mampu tidak lagi khawatir untuk datang ke sekolah tepat waktu. Denghan program bus sekolah gratis ini, biaya transportasi yang sebelumnya dipakai siswa, bisa digunakan untuk keperluan sekolah lainnya.

Di sisi lain, Ketua Organda kabupaten Jembrana Wayan Sulendra menyampaikan apresiasi atas diluncurkannya program angkutan sekolah gratis. "Saya berterima kasih kepada Bapak Bupati atas program angkutan siswa gratis dan saya mendukung program Pemerintah menuju Jembrana Emas Tahun 2026," ucapnya.

Ia program angkutan sekolah gratis ini juga bisa memberikan penghasilan tambahan bagi para sopir angkutan. "Dengan adanya program ini juga bisa membangkitkan angkutan umum yang ada di Jembrana," ujarnya. (RO/R-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat