visitaaponce.com

Hujan Deras di Brebes Sebabkan Banjir di 8 Desa Sekitar Perbatasan Jabar-Jateng

Hujan Deras di Brebes Sebabkan Banjir di 8 Desa Sekitar Perbatasan Jabar-Jateng
Banjir di Kabupaten Brebes, wilayah perbatasan Jabar-Jateng.(Dok. MI)

HUJAN deras ditambah kiriman air dari bagian selatan atau hulu, membuat delapan desa di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, yang merupakan perbatasan Jawa Tengah (Jateng)-Jawa Barat (Jabar), terendam banjir, Rabu (6/3) pagi.

Ke-8 desa di Kecamatan Losari yang terendam tersebut yakni Desa Losari Kidul, Pekauman, Randusari, Kedungneng, Kalibuntu, Babakan, Bojongsari dan Desa Karangsambung.

Banjir yang merendam ribuan rumah warga, tidak hanya disebabkan meluapnya Sungai Cisanggarung. Namun, juga diperparah adanya titik tanggul yang jebol sepanjang 10 meter di Desa Bojongsari.

Baca juga : Hujan Semalaman, Belasan Desa di Kabupaten Tegal dan Brebes Kebanjiran

Warga Desa Bojongsari, Maskur, (57) menuturkan, akibat banjir keluarganya telah dievakuasi ke tempat saudaranya di desa lainnya yang tidak mengalami banjir.

“Keluarga saya sudah ta amankan ke rumah saudara,” ujar Maskur.

Camat Losari M. Faizin, menyebut akibat meluapnya Sungai Cisanggarung dan adanya titik tanggul yang jebol di Desa Bojongsari, mengakibatkan delapan desa di Kecamatan Losari saat ini terendam banjir.

Baca juga : Banjir Bandang Terjang Tiga Desa di Semarang

“Ada ribuan rumah warga di delapan desa tersebut terendam banjir,” jelas Faizin.

Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Brebes, mengingatkan masyarakat Kecamatan Losari dan sekitarnya, untuk selalu waspada terkait bencana banjir yang kerap terjadi di wilayah Kecamatan Losari tersebut.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat