visitaaponce.com

Gunung Marapi Kembali Keluarkan Abu Vulkanik, Status Naik Jadi Siaga

Gunung Marapi Kembali Keluarkan Abu Vulkanik, Status Naik Jadi Siaga
Abu vulkanik dari erupsi Gunung Marapi di Sumbar.(Dok. Metro TV)

GUNUNG Marapi di Sumatra Barat (Sumbar) pagi ini, Rabu, (6/3) kembali erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik warna hitam pekat setinggi 700 meter dengan durasi 48 detik. Kolom abu vulkanik terbawa angin ke arah Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Erupsi Gunung Marapi pagi tadi terjadi pukul 08.10 Wib menghasilkan abu vulkanik yang condong terbawa angin ke arah utara dan barat laut. Erupsi ini terekam oleh seismograf dengan amplitudo 30 mm maksimum 9,2 milimeter durasi 48 detik

Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Marapi, Yasa Suparman, mengatakan sejak status Marapi di naikan ke level tiga siaga. Aktivitas vulkanik dan kegempaan Gunung Marapi ini masih terjadi, erupsi dan hembusan hampir terjadi setiap hari, Warga diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut bila keluar rumah.

Warga di 4 kabupaten kota sekitar Gunung marapi seperti kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, tanah datar dan kota Padang padang di rekomendasikan untuk selalu memantau dan melakukan koordinasi dengan Pusat Vulkanologi mitigasi bencana Geologi PVMBG dalam rangka mitigasi bencana akibat dampak erupsi Gunung Marapi ini.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat