visitaaponce.com

Banjir Rob Terjang Sikka NTT, Warga Terpaksa Mengungsi

Banjir Rob Terjang Sikka NTT, Warga Terpaksa Mengungsi
Banjir rob di Kabupaten Sikka, NTT, 12 Maret 2024.(Dok. Metro Tv)

BANJIR rob kembali menerjang pemukiman warga di Desa Samparong, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Akibatnya warga tidak bisa aktivitas di rumah karena air mengepung pemukiman warga.

Angin Kencang dan gelombang pasang dengan intensitas curah hujan yang tinggi disebut menjadi penyebab terjadinya banjir rob yang merendam Pemukiman warga di Desa Semparong, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka.

Dalam video amatir yang direkam warga, memperlihatkan banjir rob menerjang pemukiman warga di Desa Samparong, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka yang mengakibatkan warga tidak bisa aktivitas di rumah karena air mengepung pemukiman warga.

Baca juga : Jumlah Pengungsi Gunung Lewotobi yang Meninggal Bertambah

Ketinggian banjir rob yang masuk ke pemukiman warga mencapai ketinggian 80 cm hingga 1 meter, sehingga warga beraktivitas menggunakan perahu.

Hingga saat ini masyarakat sudah diungsikan ke rumah keluarga yang berada di ketinggian. Data sementara terdapat 270 KK yang mengalami dampak akibat banjir rob.

Diketahui, Desa Semparong merupakan pulau terluar yang berada di Wilayah Kabupaten Sikka dengan jarak tempuh menggunakan Kapal Motor kurang lebih 5 jam sampai 6 jam dari Kota Maumere serta Desa Semparong setiap tahun sering terjadi musibah banjir rob.

Apabila hujan dengan intensitas yang tinggi dan tidak ada tanggul pembatas dan kebanyakan rumah warga setempat berada di pesisir pantai.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat