visitaaponce.com

643 Rumah Tergenang Banjir dari Luapan Bengawan Solo di Lamongan

643 Rumah Tergenang Banjir dari Luapan Bengawan Solo di Lamongan
Ilustrasi banjir di Lamongan, Jawa Timur.(Dok. Metro TV)

DAMPAK banjir luapan Bengawan Solo di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim), meningkat hingga mengakibatkan jumlah rumah tergenang meningkat tiga kali lipat hingga mencapai 643 di tiga Kecamatan.

Banjir juga menggenangi sejumlah fasilitas umum dan gedung pendidikan serta tempat ibadah. Namun kini, banjir telah berangsur surut seiring turunnya permukaan Bengawan Solo pada status siaga hijau atau siaga satu.

"Iya, sejak Kamis dini hari banjir berangsur surut, " kata Juru Bicara Penkab Lamongan, Sugeng Widodo, Kamis (14/3) sore.

Baca juga : Banjir Meluas di Lamongan, 213 Rumah Tergenang Luapan Bengawan Solo

Menurut dia, banjir akibat luapan ruangan Bengawan Solo yang melanda tiga Kecamatan di Lamongan sempat mengalami peningkatan signifikan. Pada Rabu (13/3) banjir menggenangi 643 rumah di Kecamatan Babat, Laren dan Maduran.

Rinciannya, untuk Kecamatan Babat jumlah rumah yang tergenang sebanyak 104 unit, Kecamatan Maduran sebanyak 154 unit serta Kecamatan Laren mencapai 385 unit rumah. Banjir juga, menggenangi tiga masjid, 10 unit mushola, sebuah gedung SMP, empat gedung SD, serta tiga gedung PAUD.

"Kini sudah surut semua sejak padi dinihari. Pendataan dampak banjir masih terus dilakukan sampai saat ini," jelasnya.

Baca juga : 105 Unit Rumah Terendam Banjir dari Luapan Anak Sungai Bengawan Solo

Sehari sebelumnya, banjir Bengawan Solo mengakibatkan sekitar 213 rumah di 12 desa dari 3 kecamatan tergenang banjir dengan ketinggian hingga 30 cm.

Belum diketahui berapa jumlah tanaman pangan dan jalan yang terendam akibat banjir. Tiga kecamatan itu meliputi Babat, Laren dan Maduran. Kecamatan yang terparah berada di Kecamatan Laren, dengan jumlah rumah terdampak 153 unit yang tersebar di tujuh desa.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat