visitaaponce.com

Gempa Magnitudo 6,0 di Kabupaten Tuban, Warga Berhamburan Keluar

Gempa Magnitudo 6,0 di Kabupaten Tuban, Warga Berhamburan Keluar
Gempa Tuban warga berhamburan keluar(BMKG)

GEMPA bumi dengan kekuatan magnitude 6,0 Skala Ritcher menggetarkan wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menyebabkan kepanikan di kalangan warga yang tengah melakukan aktivitas. Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto, mengonfirmasi kejadian tersebut.

"Informasi yang kami terima menekankan pada kecepatan, sehingga hasil analisis data masih belum stabil dan dapat berubah seiring dengan penambahan data," kata Zem Irianto.

Dia juga menambahkan bahwa gempa bumi ini diikuti oleh dua kali gempa susulan, namun belum dapat dipastikan lokasinya apakah sama dengan gempa sebelumnya atau tidak.

Baca juga : Setelah Laut Jawa, Gempa Tektonik M6,2 Guncang Bengkulu

"Kami masih melakukan pengecekan, karena gempa susulan yang terjadi baru saja dirasakan," ujarnya.

Meskipun demikian, Zem menjelaskan bahwa gempa tersebut memiliki episenter di perairan Laut Timur Tuban, Jawa Timur, dengan koordinat 5,79° LS ; 112,32° BT, pada kedalaman 10 km, namun tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan analisis lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif di laut Jawa.

Baca juga : Delapan Gempa Susulan di Daerah Lain setelah Tuban

"Hasil analisis mekanisme gempa menunjukkan bahwa gempa ini disebabkan oleh pergerakan geser," tambahnya.

Hingga saat ini, tidak ada laporan kerusakan yang dilaporkan di wilayah Kabupaten Tuban. Namun, terdapat laporan mengenai kerusakan bangunan di wilayah Bawean, Gresik, Jawa Timur.

"Kami belum menerima laporan kerusakan di Tuban, kami berharap tidak ada kerusakan yang signifikan," pungkas Zem. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat