visitaaponce.com

Polres Klaten Terjunkan 403 Personel untuk Operasi Ketupat Candi 2024

Polres Klaten Terjunkan 403 Personel untuk Operasi Ketupat Candi 2024 
Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 di lapangan KSDC Polres Klaten.(MI/Djoko Sardjono)

KEPOLISIAN Resor Klaten menerjunkan 403 personel dalam Operasi Ketupat Candi 2024. Operasi ini digelar untuk pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2024, Polres Klaten bekerja sama dengan TNI, instansi terkait, dan mitra kamtibmas. Total personel ada sekitar 1.000 orang.

Hal itu diungkapkan Kapolres Klaten AKB Warsono kepada awak media seusai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 di Lapangan KSDC Polres Klaten, Kamis (4/4).

Baca juga : Polri Terjunkan 155 Ribu Personel untuk Operasi Ketupat

Apel gelar pasukan tersebut, dipimpin Kapolres AKB Warsono, Wakil Bupati Yoga Hardaya, dan Dandim 0723 Klaten Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo.

"Arus mudik lebaran tahun ini berdasarkan survei diperkirakan meningkat signifikan. Karena itu, kita mengambil langkah persiapan jalur dan pusat-pusat keramaian," katanya.

Apalagi, lanjut Warsono, di wilayah Klaten sekarang terdapat tol fungsional Solo-Jogja dan ada dua exit tol yang nanti akan dioperasionalkan saat arus mudik lebaran.

Baca juga : Lebaran 2024, Pemkab Klaten Siapkan 10 Bus Angkutan Mudik Gratis

Polres Klaten untuk sementara memfungsikan exit tol Karanganom dan Ngawen. Untuk keamanan dan kelancaran arus mudik di dua exit tol itu disiapkan pos pantau.

"Selain pos pantau di exit tol, kita juga menyiapkan pos terpadu di Prambanan, pos pelayanan di Alun-alun, serta pos pengamanan di Jatinom dan Delanggu," jelasnya.

Sedangkan untuk kamtibcarlantas arus mudik prioritas di jalan Solo-Jogja. Di jalan arteri ini disiapkan empat tim strong point mulai dari Sanggung sampai Prambanan.

Baca juga : Operasi Ketupat Polri Digelar mulai 4 April

"Jadi, Polres Klaten bersama TNI, intansi terkait, dan mitra kamtibmas telah siap melaksanakan pengamanan arus mudik dan balik lebaran 2024," ujar Kapolres.

Sementara itu, Wakil Bupati Yoga Hardaya mengungkapkan Pemkab Klaten menyiapkan 64 unit ambulans untuk menjaga keamanan dan keselamatan arus mudik lebaran.

Ambulans dengan tenaga kesehatan itu nanti stand by (bersiap) 24 jam di pos-pos pengamanan arus mudik dan puskesmas yang ada di Kabupaten Klaten. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat