visitaaponce.com

Yuk Kenal Lebih Dekat Soal Idul Fitri

Yuk Kenal Lebih Dekat Soal Idul Fitri 
Idul Fitri adalah hari raya umat Islam yang dirayakan setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan.(Dok)

SETELAH berpuasa selama satu bulan penuh momen yang paling ditunggu oleh Umat Islam di seluruh dunia adalah momen  merayakan hari raya Idul Fitri. Yuk kenali lebih dekat lagi tentang Idul Fitri.

1. Apa itu Idul Fitri?

Secara harfiah Idul Fitri berarti “festival” atau “pesta” dalam bahasa Arab. Ada dua hari raya besar dalam kalender Islam per tahun yaitu Idul Fitri di awal tahun dan Idul Adha di akhir tahun.

Idul Fitri adalah hari raya yang berlangsung selama tiga hari dan dikenal sebagai “Idul Fitri Kecil” jika dibandingkan dengan Idul Adha, yang berlangsung selama empat hari dan dikenal sebagai “Idul Fitri Besar”.

Baca juga : Kapan Lebaran Idulfitri 2024? Sidang Isbat Baru Digelar Besok

Idul Fitri adalah momen untuk saling memaafkan, menebus kesalahan dan merenungkan kesalahan. Berbeda dengan Idul Adha yang dijadikan momen untuk menunjukkan pengorbanan dan kasih sayang.

2. Bagaimana umat Islam merayakan Idul Fitri?

Umat Islam merayakan Idul Fitri selama dua sampai 3 hari mulai dari menggemakan takbir di malam sebelum hari raya, shalat Id (Idul Fitri), menyiapkan hidangan makanan yang disantap bersama di rumah dan hadiah THR yang diberikan ke anak-anak. Selain itu umat Islam dianjurkan untuk saling memaafkan satu sama lain. Prakteknya, di setiap negara pasti berbeda-beda dan bervariasi. 

Banyak negara dengan populasi Muslim yang besar, Idul Fitri merupakan hari libur nasional. Sekolah, kantor, dan tempat usaha ditutup sehingga keluarga, teman dan tetangga dapat menikmati perayaan bersama seperti halnya di Indonesia yang merupakan negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia. Namun, di Amerika Serikat dan Inggris, umat Islam yang tinggal di negara tersebut dapat meminta libur sekolah atau bekerja untuk bepergian atau merayakannya bersama keluarga dan teman.

Baca juga : Ini Kiat Bagi Ibu Hamil yang akan Mudik Lebaran

Negara-negara seperti Mesir dan Pakistan, umat Islam menghiasi rumah mereka dengan lentera, lampu berkelap-kelip, atau bunga. Makanan spesial disiapkan dan teman serta keluarga diundang untuk merayakannya.

Yordania, yang mayoritas penduduknya beragama Islam, pada hari-hari menjelang Idul Fitri, banyak orang yang berbelanja di pusat perbelanjaan lokal dan “pasar Ramadhan” khusus ketika orang-orang bersiap untuk bertukar hadiah pada Idul Fitri.

Turki dan di tempat-tempat yang pernah menjadi bagian dari kekaisaran Ottoman-Turki seperti Bosnia dan Herzegovina, Albania, Azerbaijan dan Kaukasus, hari raya ini juga dikenal sebagai, “Bayram Kecil” atau “festival” dalam bahasa Turki.

Baca juga : Dukung Program Mudik Gratis BUMN, ASDP Layani 800 Orang Pemudik di 3 Lintasan

“Perayaan Idul Fitri juga tidak pernah luput dengan fashion style agar tetap tampil memukau saat berkunjung atau silaturahmi ke kerabat, tetangga dan teman. Warna earth tone seperti cream, mocca dan sage bisa jadi inspirasi OOTD saat Idul Fitri,” ujar Lia Sidik PhD spesialis branding & design untuk market Indonesia.

3. Apa makna spiritual dari Idul Fitri?

Idul Fitri yang dirayakan setelah puasa Ramadhan juga dipandang sebagai perayaan spiritual atas anugerah kekuatan dan ketahanan dari Tuhan. Di tengah renungan dan kegembiraan, Idul Fitri merupakan waktu yang tepat untuk bersedekah yang dikenal dengan Zakat Fitrah. Idul Fitri adalah momen yang penuh kegembiraan dan keberkahan bagi seluruh umat Islam. Zakat fitrah bisa dibayarkan dengan beras senilai 2,5% atau setara dengan 3,5 liter per orang, selain itu bisa juga bisa membayarkan zakat fitrah dalam bentuk uang yang harganya disetarakan dengan harga bahan pokok saat ini.

4. Kapan Idul Fitri Dirayakan?

Idul Fitri dirayakan pada hari pertama bulan ke-10 dalam kalender Islam setiap tanggal 1 Syawal (Hijriah). Sedangkan Idul Adha dirayakan pada tanggal 10 bulan terakhir kalender Islam. Kalender Islam adalah kalender lunar, dan tanggal dihitung berdasarkan fase bulan. Karena tahun kalender Islam lebih pendek dari tahun kalender matahari Masehi sebanyak 10 hingga 12 hari, tanggal Ramadhan dan Idul Fitri pada kalender Masehi dapat bervariasi dari tahun ke tahun. Nah, itulah beberapa hal untuk kita mengenal tentang perayaan Hari Raya Idul Fitri. (Z-8)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat