visitaaponce.com

Gunung Lewotolok Erupsi 9 Kali

Gunung Lewotolok Erupsi 9 Kali
Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, NTT.(MI/Alexander P. Taum)

GUNUNG Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur mengalami erupsi sebanyak 9 kali pada Jumat (19/4) dari 12.00-18.00 Wita.

Sesuai laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) gunung setinggi 1.423 mdpl ini berstatus siaga atau level III. Selain itu tercatat 91 gempa hembusan dan satu kal gempa tektonik jauh.

"Iya sembilan kali erupsi," kata Fina dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Kabupaten Lembata saat dihubungi, Jumat malam.

Baca juga : Gunung Ile Lewotolok Kembali Erupsi dengan Ketinggian 400 meter

Terkait meningkatnya aktivitas gunung tersebut, masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 kilometer dari kawah.

Terutama masyarakat di Desa Lamatokan dan Jontona, Kecamatan Ile Ape yang berada di kaki gunung untuk mewaspadai potensi ancaman guguran atau longsoran lava dan awan panas dari bagian timur kawah.

Masyarakat dua desa tersebut juga diminta tidak memasuki dan melakukan aktivitas di dalam wilayah sektoral selatan dan tenggara sejauh 3 kilometer dari kawah.

Laporan lain menyebutkan abu vulkanik sudah masuk ke perkampungan di enam desa di Kecamatan Ile Ape, namun warga belum mengungsi, Enam desa itu ialah Napasabok, Bungamuda, Lamawara, Amakaka, Tanjung Batu dan Waowala. (PO/Z-7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat