visitaaponce.com

Warga Terjangkit DBD di Lamongan Meningkat

Warga Terjangkit DBD di Lamongan Meningkat
Ilustrasi: sejumlah warga berjalan saat pengasapan atau fogging(Antara Foto/Sulthony Hasanuddin)

JUMLAH penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Lamongan, Jatim, mengalami peningkatan hingga tercatat 90 kasus. Meski demikian, tidak ada yang dilaporkan meninggal dunia dan sebagian sudah kembali pulang.

"Iya memang mengalami peningkatan. Dan sampai hari ini terdapat 90 kasus warga yang terjangkit DBD," ungkap Juru Bicara Pemkab Lamongan, Sugeng Widodo, Jumat (26/4).

Menurut dia, total kasus demam berdarah Lamongan menurut data Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan dari awal tahun hingga April tercatat sebanyak 90 kasus. Sedangkan pada bulan ini, sejak minggu pertama hingga pekan ketiga terdata sebanyak 16 kasus.

Baca juga : Periode Pancaroba, Waspadai Kenaikan Kasus DBD

"Tapi sebagian besar sudah pulang dari RS dan tidak ada yang meninggal dunia," jelasnya.

Dinas Kesehatan Pemkab Lamongan, lanjut dia, meningkatkan kewaspadaannya terkait kasus DBD. Peningkatan kewaspadaan, juga dilakukan dengan melalui surat edaran yang ditujukan pada semua Puskesmas di Lamongan.

Instruksi tersebut, diantaranya melalui penggencaran pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan fogging pada masing-masing puskesmas. Selain itu juga, menggunakan inovasi pemberantasan jentik nyamuk  dengan metode pemeliharaan ikan, serta penanaman sereh. (M Yakub/YK)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat