visitaaponce.com

Gunung Lewotobi Laki-Laki kembali Erupsi, Tinggi Abu Vulkanik 300 Meter

Gunung Lewotobi Laki-Laki kembali Erupsi, Tinggi Abu Vulkanik 300 Meter
Gununug Lewotobi Laki-Laki.(AFP/ARNOLD WELIANTO)

GUNUNG Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Kembali erupsi, Minggu (28/4) pukul 18.08 Wita.

Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Rihi, mengatakan sesuai laporan pos pengamatan gunung Lewotobi Laki-Laki, tinggi tinggi kolom abu teramati 300 meter di atas puncak gunung.

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 14.8 millimeter dan durasi 4 menit 
50 detik," kata Doris Rihi mengutip laporan dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Baca juga : Ribuan Pengungsi Erupsi Lewotobi Mulai Kesulitan Air Bersih

Terkait letusan gunung tersebut, Doris mengimbau masyarakat mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung. "Letusan skala kecil hanya 300 meter tetapi tetap waspada," 
ujarnya.

Masyarakat juga diminta tetap tenang dan mengikuti arahan pemerintah daerah serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya terkait letusan gunung tersebut.

Sebelum meletus, laporan terakhir aktivitas gunung pada Sabtu (27/4) pukul 00.00-24.00 sebanyak 12 gempa, lima kali getaran harmonik, dan satu kali tremor nonharmonik. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat