visitaaponce.com

Stasiun Lapangan Geologi UGM di Bayat Diresmikan

Stasiun Lapangan Geologi UGM di Bayat Diresmikan
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menandatangani prasasti Stasiun Lapangan Geologi Prof R Soeroso Notohadiprawiro UGM di Bayat.(Dokpri)

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Stasiun Lapangan Geologi Prof R Soeroso Notohadiprawiro Universitas Gadjah Mada (UGM) di Paseban, Bayat, Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (11/5).

Peresmian stasiun lapangan geologi yang berlokasi di Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Klaten, itu dihadiri Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya. Kementerian PUPR membangun Stasiun Lapangan Geologi Prof R Soeroso Notohadiprawiro UGM di Bayat, Klaten, itu melalui program pembangunan sarana pendidikan.

Latar belakang pembangunan stasiun lapangan geologi di Bayat ialah daerah yang berada di sisi selatan Kabupaten Klaten (Jateng) itu memiliki kekayaan geologi yang melimpah untuk dijadikan penelitian.

Baca juga : Pemkab Klaten Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024

"Pembangunan stasiun lapangan geologi ini bukan hanya memfasilitasi akademisi untuk melakukan penelitian geologi. Manfaatnya diharapkan juga dirasakan masyarakat secara luas," jelasnya.

Kekayaan geologi di Bayat menjadi sorotan internasional. Pun, banyak penelitian geologi dilakukan di daerah ini. Salah satunya terkait dengan sesar bumi yang menjadi penyebab gempa bumi.

Karena itu, lanjut Basuki, keberadaan Stasiun Lapangan Geologi Prof R Soeroso Notohadiprawiro di Bayat ini semakin mengukuhkan kawasan geopark Bayat. 

Baca juga : Pencegahan Kasus DBD, Klaten Giatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

"Stasiun lapangan geologi bukan hanya untuk UGM. Namun, secara internasional stasiun lapangan geologi ini juga dapat dimanfaatkan civitas geologi dari luar negeri," katanya.

Menurut dia, stasiun lapangan geologi juga akan menguatkan usulan kawasan Bayat sebagai geopark. Untuk diketahui, Stasiun Lapangan Geologi Prof R Soeroso Notohadiprawiro juga dilengkapi dengan fasilitas penelitian modern, seperti laboratorium geologi modern, ruang kelas, perpustakaan, hingga asrama mahasiswa.

Sementara itu, Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya berharap pembangunan stasiun lapangan geologi itu bisa bermanfaat bagi masyarakat dan kelestarian lingkungan, khususnya di Bayat. Dengan fasilitas penelitian ini juga diharapkan semakin menguatkan nilai geoheritage Bayat yang sebelumnya dikukuhkan.

"Kami juga berharap dengan dibangunnya stasiun lapangan geologi ini dapat memberikan dampak kelestarian lingkungan di Klaten, khususnya kawasan geoheritage Bayat," ujanya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat