visitaaponce.com

Pencegahan Kasus DBD, Klaten Giatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Pencegahan Kasus DBD, Klaten Giatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk
Sekda Klaten Jajang Prihono.(MI/Djoko Sardjono)

KASUS demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), harus diwaspadai dan dikendalikan agar penyebaran virus dengue itu dapat dicegah.

Hingga minggu ke-17 tahun 2024 di Klaten terdapat 377 kasus DBD dan 21 kematian. Penyakit ini sekarang menyebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Klaten.

"Penyakit demam berdarah ini harus diwaspadai. Untuk pencegahan, gerakan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) di wilayah terus digiatkan," kata Sekda Klaten Jajang Prihono.

Hal itu disampaikan Jajang Prihono kepada pers usai menghadiri halalbihalal dan HUT ke-44 PGTKP Kabupaten Klaten di Gedung Sunan Pandanaran (RSPD), Senin (29/4). Untuk antisipasi dan pencegahan penyakit demam berdarah, langkah strategis yang perlu dilakukan yakni PSN. Selain itu, kebersihan lingkungan tetap terjaga.

Kasus DBD 2024, menurut Dinas Kesehatan Klaten, meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 137 kasus dan delapan kematian. "Tahun ini, kasus DBD meningkat. Musim hujan yang menimbulkan genangan air di sekitar permukiman penduduk juga faktor penyebab meningkatnya kasus DBD di Klaten," pungkasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat