visitaaponce.com

Banjir Lahar Dingin di Tanah Datar, Korban Meninggal Bertambah Menjadi 13 Orang

Banjir Lahar Dingin di Tanah Datar, Korban Meninggal Bertambah Menjadi 13 Orang
Banjir lahar dingin di Sumatera Barat(MI/Al Fatah)

TIM pencarian dan pertolongan gabungan berhasil menemukan kembali korban bencana banjir lahar dingin di Tanah Datar, Sumatra Barat pada Minggu (12/5) siang. Total korban jiwa akibat bencana ini telah mencapai 13 orang hingga pukul 12.00 WIB hari ini.

Tim pencarian dan pertolongan gabungan masih terus melakukan upaya evakuasi terhadap warga yang terdampak. Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, pembaharuan data menyebutkan bahwa korban jiwa terdiri dari 13 orang yang meninggal dunia, tujuh orang dilaporkan hilang, 12 orang mengalami luka-luka, dan 84 KK terdampak.

Kerugian prasarana akibat bencana ini meliputi 84 unit rumah terdampak, 16 jembatan terdampak, dua fasilitas ibadah terdampak, dan 20 hektar sawah terdampak.

Baca juga : Banjir Lahar Dingin Landa Sejumlah Wilayah di Tanah Datar Pascaerupsi Gunung Marapi

"Kondisi lalu lintas dari Kabupaten Tanah Datar - Padang - Solok lumpuh total. Sementara itu, kondisi jalan di antar nagari masih lumpuh di beberapa titik, dan harus dicari jalur alternatif," jelas Abdul Muhari.

BPBD Kabupaten Tanah Datar, dengan bantuan tim Basarnas, TNI, Polri, dan unsur terkait lainnya, terus berupaya melakukan penanganan darurat, pendataan, serta memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak banjir lahar dingin.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat Kabupaten Tanah Datar yang tinggal di sekitar bantaran sungai yang berhulu ke Gunung Marapi untuk tetap waspada terhadap potensi risiko bahaya susulan. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat