visitaaponce.com

26 Tahun Menabung, Tukang Tahu Keliling Naik Haji

26 Tahun Menabung, Tukang Tahu Keliling Naik Haji
Suryakanta Sarman Adam sedang menjual tahu.(Metro TV/Andi Apriyadi)

RASA bahagia dan haru terpancar dari wajah Suryakanta Sarman Adam, jemaah calon haji kloter 54 JKG rombongan 4. Ia merupakan warga Perum Griya Abdi Negara, Sukabumi, Bandar Lampung, Lampung.

Suryakanta bekerja sebagai penjual tahu keliling. Ia tidak bisa menutupi rasa harunya bisa berangkat haji tahun ini. 

Setelah menunggu 12 tahun jadwal berangkat dan menabung puluhan tahun, akhirnya ia bisa mewujudkan impiannya yang telah lama dicita-citakan.

Baca juga : Bawaslu Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang Salah Satu TPS Bandar Lampung

Berkeliling di seputaran kompleks perumahan di wilayah Sukabumi, Bandar Lampung, ia menjajakan tahu setiap hari. Tanpa didampingi sang istri, pedagang tahu keliling ini dijadwalkan berangkat pada 4 Juni 2024 dari Asrama Haji Rajabasa, Bandar Lampung.

Dari kerja keras dan hasil berjualan tahu keliling yang dilakukannya sejak 7 tahun silam, ayah tiga anak ini akhirnya mampu melunasi ongkos naik haji.

Itu berawal dari keinginannya menunaikan haji karena kerap melihat tayangan berita haji di televisi Suryakanta lalu bertekad dengan dukungan penuh keluarga. 

Baca juga : Jemaah Haji Lampung Jadi Korban Hipnotis di Arab Saudi

Ia mengaku bersyukur atas anugerah dan doa dari keluarga dan para tetangganya. Mimpi puluhan tahun yang diidam-idamkan akhirnya terwujud tahun ini.

Biaya haji berasal dari uang simpanan sejak 1998 hasil berjualan tahu keliling yang diambil dari perajin tahu di wilayah Kampung Sawah, Tanjung Karang Timur. Ada pula uang tambahan dari sang istri tercinta pada 2012. Dengan modal itu Suryakanta bisa mendaftar haji.

Kini ia menunggu waktu keberangkatan pada 4 Juni mendatang. Suryakanta mengurangi waktu berjualan tahu demi persiapan keberangkatan. 

Ia dibantu istri untuk menyiapan semua perlengkapan haji. Koper, kain ihram, dan perlengkapan lain sudah siap. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat