visitaaponce.com

Lava Gunung Lewotolok Terus Mengalir ke Sektor Barat

Lava Gunung Lewotolok Terus Mengalir ke Sektor Barat
Erupsi gunung lewotok(MI/ Palce Amalo)

LETUSAN Gunung Lewotolok di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur masih terus berlangsung. Pada Rabu (15/5) antara pukul 00.00-12.00 Wita tercatat 115 letusan dengan tinggi abu vulkanik mencapai 200 meter di atas bibir kawah, sedangkan lava masih terus mengalir ke sektor barat gunung.

"Teramati aliran lava sektor barat dengan jarak aliran 1,2 kilometer dari bibir kawah," kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Lewotolok, Yeremis Kristianto.

Meskipun lava terus mengalir, akan tetapi masih pada jarak 1,2 kilometer tersebut seperti beberapa hari sebelumnya. Selain itu, tercatat 221 kali gempa hembusan, satu kali gempa vulkanik dangkal, dan satu kal gempa vulkanik

Sedangkan selama Selasa (14/5) tercatat 50 kali letusan, 336 gempa hembusan, tremor non harmonik 4 kali, 2 kali hybrd atau fase banyak, gempa vulkanik dalam 2 kali, dan gempa vulkanik dangkal sau kali.

Pada letusan Selasa mengakibatan pesawat Wings Air yang terbang dari Kupang gagal mendarat di Bandara Wunopito, Lembata akibat abu vulkanik yang beterbangan di jalur penerbangan, sedangkan pada Rabu, penerbangan ke Lembata dilaporkan Kembali normal. "Hasil pengamatan papper test di wilayah Bandara Wunopito negatif terdeteksi abu vulkanik," kata Kepala Bandara Wonopito,Syaiful Zuhri. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat