visitaaponce.com

Gunung Ile Lewotolok Status Siaga,Jarak Aliran LavaLebih Cepat Dari Perkiraan

Gunung Ile Lewotolok Status Siaga, Jarak Aliran Lava Lebih Cepat Dari Perkiraan
Gunung Ile Lewotolok berstatus siaga level iii(Alexander P. Taum)

AKTIVITAS vulkanis gunung berapi Ile Lewotolok, di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Kamis (16/5), terus menunjukan peningkatan eskalasi. 

Gunung dengan ketinggian 1423 mdpl itu berstatus siaga atau level III. Kini, Selain membuka arah aliran baru di sektor Barat Gunung, leleran  lava sektor barat G. Lewotolok, berlangsung lebih cepat dari perkiraan. 

"Jarak aliran lava baru saat ini sejauh 1200 meter dari bibir kawah dan bisa lebih jauh dari dari perkiraan saat ini melihat laju aliran yang cukup cepat," demikian laporan taf Pos Pengamatan Gunung Ile Lewotolok, Fajaruddin M. Balido pada periode pengamatan, Kamis, pukul 16-05-2024 12:00-18:00 WITA.

Baca juga : Lava Gunung Lewotolok Terus Mengalir ke Sektor Barat

Warga Desa Jontona, Todanara, Lamatokan dan Desa Amakaka, diminta Waspada. Sementara itu, Masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok, direkomendasi agar tidak memasuki dan tidak melakukan aktivitas di dalam wilayah radius 2 km dari pusat aktivitas Gunung Ile Lewotolok.

Masyarakat Desa Lamatokan, dan Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran/longsoran lava dari bagian timur puncak/ kawah Gunung Ile Lewotolok.

Masyarakat Desa Jontona dan Desa Todanara agar tidak memasuki dan tidak melakukan aktivitas di dalam wilayah sektoral selatan dan tenggara sejauh 3 km pusat aktivitas Gunung Ile Lewotolok, dan mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran/longsoran lava dari bagian, selatan dan tenggara puncak/ kawah Gunung Ile Lewotolok.

Sedangkan, masyarakat di Desa Amakaka agar tidak memasuki dan tidak melakukan aktivitas di dalam wilayah sektoral barat sejauh 3 km pusat aktivitas Gunung Ile Lewotolok, serta  mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran/longsoran lava  dari bagian barat puncak/ kawah Gunung Ile Lewotolok. (Z-8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat