visitaaponce.com

Gunung Lewotolok Meletus, Pesawat Wings Air Gagal Mendarat di Bandara Wonopito

Gunung Lewotolok Meletus, Pesawat Wings Air Gagal Mendarat di Bandara Wonopito
GUNUNG Lewotolok di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) meletus pada Selasa (7/5).(Dok. PVMBG)

GUNUNG Lewotolok di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) meletus pada Selasa (7/5). AKtivitas vulkanik gunung tersebut mengakibatkan pesawat Wings Air rute Kupang-Lembata gagal mendarat.

Tinggi kolom abu teramati lebih kurang 900 meter di atas permukaan kawah, sedangkan wilayah sektor barat Desa Waowala di Kecamatan Ile Ape dilaporkan terkena hujan abu tipis.

Kepala Bandara Wonopito, Kabupaten Lembata, Syaiful Zuhri membenarkan pesawat Wings Air gagal mendarat.

Baca juga : 3.055 Warga Mengungsi akibat Letusan Gunung Lewotobi

"Tadi pas penerbangan gunungnya sedikit batuk, tidak parah, hanya arah angin ke barat, ke arah daerah pendekatan untuk pendaratan pesawat," kata Syaiul Zuhri kepada Media Indonesia.

Menurutnya, pesawat sempat berputar-putar sebanyak tiga kali, sebelum pilot mengambil keputusan kembali ke Bandara El Tari Kupang

Menurutnya, sampai Bandarar Wonopito tutup pukul 14.00 Wita, pesawat Wings Air belum Kembali ke Lembata. "Sampai jam 2 tadi kondisi awan masih sama sehingga diputuskan cancel hari ini," ujarnya.

Baca juga : Gunung Lewotobi Laki-laki Kembali Erupsi

Adapun pihak bandara sudah melakukan paper test untuk mengecek abu di area bandara, tetapi hasilnya negatif abu vulkanik.

Tercatat 14 desa yang masuk zona merah gunung Lewotolok, terdiri dari 6 desa di Kecamatan Ile Ape yakni Waowala, Tanjung Batu, Amakaka, Lamawara, Bungamuda, dan Napasabok. Delapan desa lainnya berada di Kecamatan Ile Ape Timur yaki Lamagute, Waimatan, Aulesa, Lamaau, Baolaliduli, Lamawolo, Jontona dan Todanar.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat