visitaaponce.com

Mensos Bantuan untuk Korban Letusan Gunung Marapi Disalurkan dari Aceh

Mensos: Bantuan untuk Korban Letusan Gunung Marapi Disalurkan dari Aceh
Letusan Gunung Marapi(Antara)

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan penyaluran bantuan untuk para korban letusan Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, bakal disalurkan melalui lumbung-lumbung dari balai yang berada di Aceh.

Menurutnya, dengan skema tersebut, bantuan akan lebih cepat sampai dan bisa segera dimanfaatkan warga yang terdampak bencana.

"Kami sebarkan dari lumbung-lumbung di balai kami. Kalau dekat dari Aceh, yang jalan dari Aceh. Kita tidak kesulitan, tidak harus dari Jakarta. Jadi kita lebih cepat karena ada stok di lumbung sosial di masyarakat," kata Risma di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta Pusat, Senin (4/12).

Baca juga: BNPB: 28 Pendaki belum Turun dari Gunung Marapi

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, meletus, pada Minggu (3/12) sekitar pukul 14.54 WIB. Meletusnya gunung api berketinggian 2.891 mdpl itu ditandai dengan muntahan abu berisi material vulkanik hingga tiga kilometer dari puncak kawah.

Berdasakan perekaman seismogram Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Marapi terekam dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 4 menit 41 detik. Berdasarkan data terakhir, sebanyak 11 pendaki ditemukan meninggal akibat dampak erupsi Gunung Marapi dan sebanyak 12 pendaki belum ditemukan. (Z-11)

Baca juga: 11 Pendaki Gunung Marapi Ditemukan Meninggal Dunia

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat