visitaaponce.com

Gunung Lewotobi Laki-laki Kembali Erupsi

Gunung Lewotobi Laki-laki Kembali Erupsi
Letusan Gunung Marapi yang terlihat jelas dari Desa Pululera tepatnya di kaki gunung lewotobi.(MI/Fransiskus Gerardus Molo)

GUNUNG Lewotobi kembali mengalami erupsi dengan asap letusan cukup besar teramati dengan jelas dari Desa Pululera, Nusa Tenggara timur (NTT). Erupsi terjadi pada jam 07.20.19 WIT, Sabtu, (23/12)

"Letusannya jelas terlihat dari daerah Desa Pululera. Kami mendengar suara letusan yang tidak terlalu besar namun asap membumbung tinggi jelas terlihat," kata Nelson Kotan, awarga Desa pululera, 34.

Sebelumnya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau pendaki tidak melakukan aktivitas atau berada dalam radius dua kilo meter dari pusat kawah Gunung Api Lewotobi Perempuan dan Lewotobi Laki-laki di Flores Timur. Pasalnya status kedua gunung telah naik dari level I atau Normal ke level II atau Waspada. 

Baca juga: Gunung Lewotobi Perempuan di Flores Timur Naik Status ke Level II

"Kami imbau pendaki untuk tidak mendaki ke kawah gunung atau beraktivitas hingga dua kilometer dari kawah gunung," kata Kepala Balai Pemantau Gunung Api dan Mitigasi Gerakan Tanah Wilayah Nusa Tenggara, Zakarias Raja dari Kabupaten Nagekeo, Senin.

Kenaikan status itu dipengaruhi adanya peningkatan aktivitas magma yang ditunjukkan dengan naik frekuensi gempa vulkanik yang cukup signifikan. Dari evaluasi hingga tanggal 17 Desember 2023, ada gempa vulkanik dalam dan vulkanik dangkal disertai munculnya gempa-gempa Tornilo yang mengindikasikan adanya pergerakan fluida.

Baca juga:Ribuan Pemudik Tiba di Kota Reinha Larantuka
  
Atas kondisi itu, Zakarias berpesan agar masyarakat terutama pendaki untuk tidak mendekati kawah yang berada di puncak gunung. Pasalnya potensi bahaya erupsi bisa terjadi, seperti abu vulkanik, awan panas, dan gas beracun. (Ant/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat