visitaaponce.com

Bus Rombongan Wisatawan dari Jakarta Kecelakaan di Toba, 2 Pejalan Kaki Tewas

Bus Rombongan Wisatawan dari Jakarta Kecelakaan di Toba, 2 Pejalan Kaki Tewas
Bus rombongan wisatawan Jakarta kecelakaan di Toba, Sumut.(Dok. Medcom.id)

SEBUAH bus yang membawa rombongan wisatawan dari Jakarta dengan nopol B-7798-BAA kecelakaan di Jalan Lintas Umum Medan menuju Tarutung tepatnya di Pasar Lumban Julu, Toba, Sumatra Utara (Sumut) sekitar pukul 11.11 WIB, Jumat, 17 Mei 2024.

Bus pariwisata itu terguling dan menabrak sejumlah pejalan kaki. Akibatnya, dua pejalan kaki tewas dan dua lainnya luka-luka.

"(Dari kecelakaan ini) meninggal dunia dua orang, dan luka berat dua orang," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi saat dikonfirmasi, Sabtu, 18 Mei 2024.

Baca juga : Kecelakaan Bus Terus Berulang, Kemenhub Diminta Rutin Lakukan Ramp Check

Adapun korban meninggal dunia ialah Rina Butarbutar, 14 dan Evo Sidabutar, 36. Sedangkan, korban pejalan kaki yang mengalami luka berat yakni, Vinsensius Gultom, 7 dan Vania Hutagalung, 1 tahun.

Sementara itu, penumpang dan sopir bus selamat. Hadi menyebut wisatawan dari Jakarta itu datang rombongan lebih dari dua bus hendak menuju danau Toba, Samosir.

Usai kecelakaan, para rombongan melanjutkan perjalanan wisata. Mereka difasilitasi Polda Sumut.

Baca juga : Perusahaan Bus Pengabai Aturan Keselamatan Perlu Dapat Sanksi Keras

"Difasilitasi oleh Polda Sumut untuk melanjutkan perjalanan. Rombongan wisatawan dalam kondisi baik," ucapnya.

Kronologi Kecelakaan

Kecelakaan ini berawal saat bus yang melintas sekira pukul 11.11 WIB di Jalan Lintas Umum Medan menuju Tarutung, KM 191-192. Bus Pariwisata B-7798-BAA yang dikemudikan Alfi membawa 25 penumpang.

"Datang dari arah Tarutung menuju Medan, pengemudi tidak dalam konsentrasi penuh menabrak empat Orang Pejalan Kaki yang sedang berjalan di pinggir jalan. Bus hilang kendali dan terbalik,” kata Hadi.

Baca juga : Kecelakaan Bus Subang: Yayasan SMK Lingga Kencana Serahkan Masalah Kondisi Bus ke Polisi

Padahal kondisi di jalan saat itu dalam cuaca cerah, jalan lurus, beraspal Hotmix. Dengan kondisi jarak pandang ke depan jelas dan arus lalu lintas ramai lancar.

Kecelakaan ini terekam gawai. Dari video, terlihat bus Big Bird terbalik ke sisi jalan. Para penumpang histeris dan ditonton puluhan warga.

Perekam video sempat bertanya ke seorang wanita yang mengaku satu dari 300 rombongan penumpang. Dia mengaku anggota Koperasi Pegawai Pemerintah Daerah (KPPD) DKI Jakarta.

“Iya pak (dari Jakarta), kami ada 300 orang. Dari koperasi DKI (yang di kebon sirih)," kata wanita dalam video itu.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat