visitaaponce.com

Destinasi Wisata di Jawa Tengah Dipadati Pengunjung Saat Libur Panjang Waisak

Destinasi Wisata di Jawa Tengah Dipadati Pengunjung Saat Libur Panjang Waisak
wisata Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah.(ANTARA FOTO)

LIBUR Panjang Waisak 2024 mendongkrak jumlah pengunjung di destinasi wisata di Jawa Tengah. Lalu lintas di berbagai ruas jalan meningkat dan angkutan umum serta wisata dengan berbagai tujuan penuh.

Pantauan Media Indonesia hingga Jumat (24/5) berbagai destinasi wisata di sejumlah daerah di Jawa Tengah dikunjungi ratusan ribu pengunjung sejak liburan Waisak, Kamis (23/5), bahkan diperkirakan jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara terus meningkat hingga akhir pekan nanti.

Sebagian besar ruas jalan di Jawa Tengah, juga dipenuhi kendaraan terutama kendaraan pribadi dan wisata seperti jalur Pantai Utara (Pantura), jalur tengah maupun jalur Pantai Selatan (Pansela) serta terutama ruas jalan menuju lokasi destinasi wisata.

Baca juga : Long Weekend, Berbagai Objek Wisata di Jawa Tengah Dibanjiri Pengunjung

Berbagai jenis angkutan juga tidak luput dari masa panen karena banyaknya warga menuju ke berbagai destinasi di sejumlah daerah tersebut. Bahkan, PT KAI Daop 4 Semarang menyiapkan 83.010 tempat duduk kereta api (KA) atau rata-rata 16.602 tempat duduk per hari selama 5 hari libur Waisak.

"Sebanyak 49 perjalanan kereta api per hari, dengan tujuan ke berbagai daerah yang meliputi Jakarta, Bandung, Surabaya, Purwokerto, Tegal, Solo, Madiun, Jember hingga Banyuwangi," kata Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo.

Hal serupa juga diungkapkan Irwan, pemilik berbagai jenis angkutan wisata di Semarang bahwa sejak liburan Waisak hampir 90% armada telah habis disewa dengan berbagai tujuan destinasi wisata terutama ke dengan tujuan Candi Borobudur dan Mendut, bahkan sebagian besar hingga luar provinsi seperti ke Bali, Lombok maupun Jawa Barat.

Baca juga : Libur Panjang, Yogyakarta Kembali Diserbu Wisatawan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Wing Wiyarso mengatakan ratusan ribu pelancong akan membanjiri sejumlah obyek wisata di ibukota Jawa Tengah ini, bagian liburan Waisak ini diprediksikan akan lebih besar dibandingkan libur panjang sebelumnya karena durasi liburan lebaran panjang dan bersamaan momentum hari raya keagamaan.

"Pada libur panjang lalu tercatat 462.000 kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Kota Semarang, pada liburan ini diperkirakan akan lebih besar lagi," ujar Wing Wiyarso.

Menghadapi lonjakan pelancong,, lanjut Wing Wiyarso, sejumlah destinasi wisata di Kota Semarang telah disiapkan seperti Kota Lama Semarang, Lawang Sewu, Sam Poo Kong dan Taman Satwa Semarang Zoo. "Kita telah melatih pengelola pariwisata soal promosi secara digital dan telah diterapkan," imbuhnya.

Baca juga : 79 Napi di Jateng Terima Remisi Waisak

Tidak hanya di Kota Semarang, ratusan ribu wisatawan juga memanfaatkan momentum liburan panjang di berbagai destinasi di sejumlah daerah di Jawa Tengah seperti Magelang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Demak, Kudus, Kendal, Batang dan Pekalongan, "Kita berangkat puluhan umat Buddha untuk ikuti kegiatan Waisak Nasional di Borobudur," ucap Ketua Vihara Vajra Bodhi Manggala Kudus Bina Kiswoyo.

Sementara itu Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi mengungkapkan menghadapi momentum Waisak 2024, kepolisian akan hadir melayani warga untuk memberi rasa aman perayaan hari raya keagamaan tersebut dengan sejumlah pengaman di berbagai obyek vital, tempat wisata maupun pusat kegiatan keagamaan itu.

"Kita siapkan ribuan personil di seluruh daerah, bahkan khusus untuk pelaksanaan kegiatan Waisak, Polres Kota Magelang telah disiapkan sebanyak 866 personil," kata Ahmad Luthfi. (AS/P-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat