visitaaponce.com

BKKBN Pendataan Bayi Stunting sudah Selesai Dilakukan

BKKBN: Pendataan Bayi Stunting sudah Selesai Dilakukan
Ilustrasi pemeriksaan ukuran bayi(Antara)

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengungkapkan pengukuran terhadap bayi secara menyeluruh di Indonesia sudah selesai dilakukan. Pengukuran itu merupakan salah satu upaya untuk mengetahui angka prevalensi stunting terbaru.

Dengan hasil itum dapat diketahui secara pasti berapa besar penderita stunting di Tanah Air sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat.

Penanganan tangkes di Indonesia, ungkap Hasto, saat ini paling luar biasa dilakukan Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur. Pasalnya, penurunan sangat luar biasa hingga di bawah 5%.

Baca juga : Harganas 2023, Ajinomoto dan BKKBN Dorong Gerakan Kembali ke Meja Makan

"Penangannya sangat baik. Itu dilakukan serius betul secara satu per satu. Ini nanti dapat menjadi daerah percontohan di Indonesia," ujar Hasto dalam peringatan Hari Keluarga Nasional ke-31 di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (27/6).

Pada Agustus mendatang, BKKBN juga akan melakukan pendataan keluarga untuk mengetahui secara pasti kondisi ekonomi setiap keluarga di Indonesia.

"Sekarang ini data setiap keluarga di Indonesia berasal dari BKKBN, sehingga dalam setiap penanganan dari kementerian seperti kesehatan, sosial, dan lainnya menggunakan data yang dikeluarkan dari badan ini," tutur Hasto.

Ia mencontohkan Kementerian PUPR dalam setiap melaksanakan pembangunan terkait kondisi warga, akan menggunakan data tersebut sehingga tepat sasaran.

"Sebagai contoh, daerah mana yang kurang jamban, berapa banyak kebutuhannya, termasuk kondisi rumah sehat dan lainnya," imbuhnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat