visitaaponce.com

Mercedes Cabut Gugatan terhadap Hasil GP Abu Dhabi

Mercedes Cabut Gugatan terhadap Hasil GP Abu Dhabi
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton berada di belakang safety car di GP Abu Dhabi, Minggu (12/12).(AFP/Giuseppe CACACE)

MERCEDES, Kamis (16/12), mencabut gugatan mereka terhadap hasil GP Abu Dhabi yang dimenangkan oleh pembalap Red Bull Max Verstappen meski bos tim Formula 1 itu, Toto Wolff, khawatir Lewis Hamilton tidak akan pernah menerima keputusan kontroversial yang menentukan juara Formula 1 musim 2021 itu.

Mercedes mencabut gugatan itu setelah Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) berjanji akan menggelar analisa mendetail terhadap balapan yang disebut Wolff menyebabkan Hamilton dirampok dari gelar Formula 1 kedelapannya.

Meski Hamilton belum memastikan masa depannya di Formula 1, Wolff mengatakan," Saya yakin, dalam hatinya, sebagai pembalap dia mengatakan 'saya harus lanjut karena saya berada di puncak karier saya'."

Baca juga: FIA akan Analisa Kemenangan Verstappen di GP Abu Dhabi

Wolff dan Hamilton memboikot gala diner yang digelar di markas FIA di Paris, Kamis (16/12) malam.

"Kami tidak akan hadir. Saya tidak hadir karena saya setia pada Lewis dan karena itu melanggar integritas saya," tegas Wolff.

Verstappen meraih gelar Formula 1 pertamanya ketika dia menyalip Hamilton di lap terakhir GP Abu Dhabi, MInggu (12/12).

Kehadiran safety car di akhir balapan akibat tabrakan di Sirkuit Yas Marina memangkas keungulan jauh Hamilton.

Direktur balapan Michael Masi kemudian memutuskan untuk menarik safety car di lap terakhir sehingga balapan ditentukan di lap pamungkas itu.

Verstappen, yang melakukan pergantian ban, jauh diunggulkan sehingga dia sukses menyalip Hamilton.

Tim Mercedes yang kecewa dengan hasil itu mengajukan protes dua kali yang keduanya ditolak oleh steward sehingga kemudian mengajukan gugatan atas hasil balapan itu.

Namun, kini, tim Mercedes memutuskan untuk menarik gugatan mereka itu.

Mercedes mengatakan menarik gugatan setelah menggelar dialog dengan FIA mengenai pentingnya memperjelas aturan sehingga hal serupa tidak terjadi di masa depan.

"Kami menyambut baik keputusan FIA untuk membentuk komisi yang akan menganalisa penuh apa yang trejadi di Abu Dhabi dan memperbaiki aturan di Formula 1," ungkap tim Mercedes dalam sebuah pernyataan resmi.

"Kami juga menyambut keputusan FIA untuk melibatkan tim dan para pembalap dalam hal itu."

"Tim Mercedes akan berkerja aktif dengan komisi itu untuk membangun Formula 1 yang lebih baik. Karenanya, kami menarik gugatan kami," pungkas tim Mercedes. (AFP/OL-1) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat