visitaaponce.com

Lifter Ricko Saputra Sabet Tiga Medali Emas di ISG

Lifter Ricko Saputra Sabet Tiga Medali Emas di ISG
Lifter putra asal Papua Ricko Saputra saat tampil di PON Papua, Rabu (6/10/2021).(ANTARA/Fauzan)

LIFTER Indonesia Ricko Saputra berhasil meyapu bersih tiga medali emas dalam kejuaraan muticabang Islamic Solidarity Games (ISG) 2022. Turun di kelas 61 kg putra, tiga medali emas diraih Ricko usai unggul dalam angkatan snatch, clean and jerk, serta total angkatan.

Dalam aksinya di Konya Internasional Fair Center, Turkiye, Jumat (12/8), Ricko menunjukkan kehebatannya dengan mumbukukan total angkatan 291 kg dengan rincian, snatch 128 kg, dan clean and jerk 163 kg.

"Sebenarnya gak nyangka banget, bisa meraih medali emas ini. Nervous gak ada, paling hanya sedikit tengang ketika melihat lawan-lawan ya. alhamdulilah dikasi kesempatan membawa nama baik Merah Putih dengan tiga emas ini," ucap Ricko dalam keterangan resmi Komite Olimpiade Indonesia, Jumat (12/8).

Dalam aksinya, Ricko langsung unggul dengan angkatan snatch pertamanya yaitu 124 kg, menaikan beban angkatan menjadi 126 kg lifter berusia 22 tahun tidak menemukan kendala.

Tak puas di 126 kg, Ricko kembali menaikan beban angkatan menjadi 128 kg di percobaan ketiga, dia pun kembali berhasil dan memperkokoh posisinya di antara para pesaingnya.


Baca juga: Siti Nafisatul Hariroh Persembahkan Emas Pertama untuk Indonesia di ISG


Pada angkatan clean and jerk, Ricko mengawali penampilan dengan luar biasa dia berhasi mengangkat angkatan pertama dengan 153 kg, di angkatan kedua dia kembali berhasil setelah menaikan beban angkatan menjadi 156 kg.

Tampil penuh percaya diri, Ricko menaikan angkatan menjadi 163 kg pada angkatan ketiganya dia pun berhasil dan memperkuat posisinya di peringkat pertama.

Atas raihan itu, Ricko sukses membukukan total angkatan 291kg dan berhak atas medali emas. "Emas ini untuk Indonesia, keluarga, istri, anak, orangtua, dan mertua, pelatih, PB PABSI, NOC Indonesia, dan semua yang telah mendukung karier saya. Memang sedari kecil cita-cita saya adalah menjadi atlet angkat besi yang bisa membanggakan dan mengarumkan nama Indonesia," tururnya.

Sementara itu, lifter asal Arab Saudi Alsaleem Seraj berhasil merebut tiga medali perak dengan total angkatan 277 kg (snatch 123 kg dan clean and jerk 154 kg).

Wakil Kazakhstan Aliyev Otepbergen meraih dua medali perunggu lewat total angkatan (271 kg) dan angakatn clean and jerk (151 kg).  Sedangkan lifter tuan rumah Hardal Ferdi merebut medali perunggu untuk angkatan snatch dengan catatan 122 kg. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat