visitaaponce.com

Menanti Kebangkitan Putri Kusuma Wardani

Menanti Kebangkitan Putri Kusuma Wardani
Tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani(Twitter @INABadminton)

LANGKAH pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, terhenti di putaran pertama Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Peraih medali perunggu SEA Games Vietnam itu kalah dari wakil Malaysia Soniia Cheah dua gim langsung 21-19 dan 21-18, Selasa (23/8).

Kekalahan ini pun memperpanjang rentetan tren negatif Putri. Berdasarkan catatan BWF, pebulu tangkis berusia 20 tahun itu selalu terhenti di putaran pertama sejak gelaran Indonesia Masters pada Juni lalu.

Ini menjadi kelima kali berturut-turut Putri langsung tersingkir di putaran pertama, dengan empat pertandingan di antaranya Putri kalah dalam pertarungan dua set langsung.

Baca juga: Bertemu Yamaguchi di 32 Besar Kejuaraan Dunia, Gregoria Pilih Fokus pada Diri Sendiri

"Tadi sebenarnya tidak ada tegang sama sekali, main normal-normal saja. Saya juga merasa saya sudah maksimal hari ini," tutur Putri dalam keterangan resmi PBSI, Selasa (23/8).

"Lawan kan sudah lama tidak bertanding dan saya sempat mempelajari permainan dia. Tangannya lumayan kuat dan variasinya bagus. Strategi saya tadi mau mempercepat tempo tapi ternyata dia masih bisa mengimbangi malah saya yang akhirnya banyak mati sendiri," imbuhnya.

Performa Putri dapat dikatakan terus mengalami penurunan, pebulu tangkis yang terkenal dengan keuletannya di lapangan pertandingan itu seperti kehilangan tajinya.

Putri padahal pernah menyudahi puasa gelar juara untuk Merah Putih selama dua tahun di nomor tunggal putri. Putri KW menunjukkan penampilan solid ketika bersua pebulu tangkis Denmark, Line Christophersen, pada partai final Spanyol Masters 2021.

Selain itu, Putri juga pernah menjadi bagian dari kesuksesan tim bulu tangkis putri Indonesia merebut gelar juara di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022, serta menjadi juara di Orleans Masters pada Maret lalu.

Sadar bahwa dirinya belum kembali menemukan permainan terbaiknya, Putri bertekad terus meningkatkan level permainan agar dapat kembali tampil kompetitif.

"Saya harus tingkatkan semua terutama bagaimana bermain di level senior dengan segala keadaan baik itu angin, shuttlecock dan lain-lain. Juga harus tambah kekuatan otot dan stabilkan fokus yang masih naik-turun," tukas pebulu tangkis peringkat 44 dunia itu. (PBSI/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat