visitaaponce.com

Pernah Gunakan Ganja, Peraih Medali Emas Olimpiade Asal Singapura Minta Maaf

Pernah Gunakan Ganja, Peraih Medali Emas Olimpiade Asal Singapura Minta Maaf
Perenang Singapura Joseph Schooling(AFP/Jonathan NACKSTRAND)

PERENANG peraih medali emas Olimpiade asal Singapura Joseph Schooling, Selasa (30/8)., meminta maaf karena pernah menggunakan ganja saat berada di luar negeri.

Singapura memiliki aturan narkoba paling ketat di dunia dengan warga negara mereka terancam hukuman penjara hingga 10 tahun jika mengonsumi zat terlarang di luar negara Asia Tenggara itu.

"Saya mengaku menyerah pada keadaan saat menghadapi periode paling berat dalam hidup saya," ujar Schooling.

Baca juga: Popovici Pecahkan Rekor Dunia Renang Nomor 100 Meter Gaya Bebas

Perenang yang tengah menjalani wajib militer selama dua tahun menghasilkan tes negatif saat melapor untuk bertugas namun mengaku mengonsumsi ganja saat berada di luar negeri pada Mei lalu.

Saat pelanggaran itu dilakukan, Schooling tengah diizinkan cuti wajib militer untuk berlatih dan ambil bagian dalam SEA Games di Hanoi, tempat dia memenangkan dua medali emas dan satu perunggu.

"Karena dia melanggar hak cuti yang diberikan, Schooling tidak lagi akan mendapatkan izin cuti untuk berlatih atau bertanding saat menjalani wajib militer," ungkap Kementerian Pertahanan Singapura dalam sebuah pernyataan resmi.

Perenang berusia 27 tahun itu diberi peringatan dan diwajibkan menjalani tes urine rutin selama enam bulan.

Singapura mewajibkan seluruh warga negara laki-laki yang berusia di atas 18 tahun menjalani wajib militer selama dua tahun.

Schooling, yang meraih medali emas di nomor gaya kupu-kupu 100 meter di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, satu-satunya medali emas Olimpiade Singapura, meminta maaf atas aksinya itu.

"Saya membuat kesalahan dan bertanggung jawab penuh atas itu. Saya tidak akan mengecewakan kalian lagi," ungkap Schooling.

Schooling membuat kejutan di nomor 100 meter gaya kupu-kupu dengan mengalahkan Michael Phelps dan meraih medali emas.

Namun, dia tidak lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 dan memberi sejumlah petunjuk bahwa karier berenangnya telah usai. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat