visitaaponce.com

Serena Williams Ucapkan Perpisahan di AS Terbuka

Serena Williams Ucapkan Perpisahan di AS Terbuka
Petenis Serena Williams mengucapkan salam perpisahan(Instagram @usopen)

MANTAN petenis putri nomor satu dunia Serena Williams mengakhiri kariernya usai tersisih di babak ketiga AS Terbuka, kalah dari petenis Australia Ajla Tomljanovic, Sabtu (3/9) WIB. Legenda berusia 40 tahun itu resmi menyatakan pensiun.

"Saya siap menjadi seorang ibu dan mengeksplorasi versi berbeda dari diri saya," ucap Serena.

Suasana Stadion Arthur Ashe di Flushing Meadows, New York, pun berubah menjadi haru. Serena juga tak kuasa menahan air matanya mengakhiri karier profesionalnya selama 27 tahun.

Serena menjadi ikon atlet Afrika-Amerika dengan torehan cemerlang 23 gelar grand slam. Torehannya hanya satu gelar di belakang legenda dari Australia Margaret Court.

Serena juga memenangi total 73 gelar WTA dan meraih empat medali emas di Olimpiade yang tiga di antaranya untuk nomor ganda.

Sejak bulan lalu, dia sudah mengisyaratkan pensiun setelah AS Terbuka. Kekalahan dari Tomljanovic 7-5, 6-7 (4/7) 6-1 dalam laga menguras energi selama 3 jam 5 menit pun mempercepat pensiunnya.

Serena yang sempat absen setahun terakhir lantaran cedera tampak sudah kehabisan tenaga pada set ketiga. Tomljanovic memimpin 5-1 di set ketiga dan Serena berusaha mencegah kekalahan dengan menyelamatkan lima match point namun akhirnya menyerah.

"Ini perjalanan yang menyenangkan. Ini adalah perjalanan dan perjalanan paling luar biasa yang pernah saya jalani dalam hidup. Saya sangat berterima kasih kepada setiap orang yang mendukung dan saya sangat bersyukur," ucapnya.

Baca juga: Serena Williams Melaju ke Putaran Ketiga AS Terbuka

Serena memberikan pujian khusus untuk orangtuanya Richard Williams dan Oracene Price dan sang kakak Venus Williams.

"Semuanya dimulai dengan orangtua saya. Mereka pantas mendapatkan segalanya. Jadi saya sangat berterima kasih untuk mereka," tuturnya.

"Saya tidak akan menjadi Serena jika tidak ada Venus, jadi terima kasih, Venus. Dia satu-satunya alasan Serena Williams pernah ada," imbuhnya.

Tomljanovic mengaku sedih kerier Williams berakhir ketika melawannya. Dia menyanjung Serena sebagai petenis luar biasa terhebat sepanjang masa.

"Itulah dia dan dia yang terhebat sepanjang masa. Titik," ucap Tomljanovic.

Pujian juga datang dari berbagai tokoh seperti mantan Ibu Negara AS Michelle Obama. Michelle Obama memuji Serena yang mampu meraih kesuksesan luar biasa meski besar dari lingkungan yang keras di Compton, California.

"Selamat atas karier yang luar biasa. Betapa beruntungnya kami bisa menyaksikan seorang gadis muda dari Compton tumbuh menjadi salah satu atlet terhebat sepanjang masa," kata Michelle Obama.

Pegolf Tiger Woods juga memuji Serena sebagai yang terbaik sepanjang masa. Bintang NBA LeBron James juga turut memberi sanjungan serupa.(AFP/WTA/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat