visitaaponce.com

Luka Doncic dkk Ditaklukkan Polandia

Luka Doncic dkk Ditaklukkan Polandia
Pebasket Luka Doncic(AFP/OLIVER BEHRENDT)

SLOVENIA tersisih pada babak perempat final Euro Basket 2022 takluk dari Polandia 87-90 di Berlin, Jerman, Kamis (15/9). Bintang NBA Luka Doncic gagal membawa negaranya dalam misi mempertahankan gelar pada turnamen antarnegara Eropa itu.

Doncic yang sebelumnya di fase grup sempat membuat rekor dengan 47 poin kali ini tampil di bawah performa dan hanya sanggup menceploskan 14 angka plus 11 rebound serta tujuh assist. Pemain Dallas Mavericks itu tak dalam kondisi 100% karena bermasalah dengan punggungnya.

"Saya mendapat suntikan di kuarter ketiga tapi ini bukan alasan saya bermain buruk. Saya mengecewakan tim saya, saya mengecewakan pendukung kami," ucap Doncic.

"Mereka (Polandia) bermain luar biasa, ini adalah pencapaian besar bagi mereka. Kami tidak bermain seperti yang kami inginkan atau dengan energi yang kami butuhkan. Saya bermain buruk dan mengecewakan tim saya dan itu salah saya. Euro Basket ini luar biasa, beberapa pertandingan sulit dipercaya (hasilnya)," imbuhnya.

Slovenia berstatus juara bertahan memenangi edisi 2017. Bagi Polandia, kemenangan tersebut bersejarah karena untuk pertama kalinya mereka lolos ke semifinal sejak 1971. Mateusz Ponitka menjadi pahlawan bagi Polandia dengan triple-double 26 point, 16 rebound, dan 10 assist.

Polandia sempat unggul 23 poin di paruh pertama. Doncic dan kawan-kawan mampu mengejar defisit di kuarter ketiga namun akhirnya takluk selisih tiga angka.

Baca juga:  Doncic Bantu Mavericks Perpanjang Nafas di Seri Final NBA

"Kami siap dengan pertandingan yang ketat. Saya sedikit terkejut harus diakui, kami bermain sangat bagus di babak pertama dengan selisih lebih dari 20 poin melawan juara bertahan. Itu benar-benar mengesankan karena saya tahu bahwa Slovenia memiliki pemain hebat," ucap Ponitka.

Pelatih Polandia Igor Milicic takjub skuad asuhannya mampu menyingkirkan juara bertahan. Sempat khawatir lantaran Slovenia mengejar di kuarter ketiga, Milicic lega akhirnya skuad bisa tetap fokus dan solid mengunci kemenangan.

"Jika seseorang percaya setelah paruh pertama kami akan menghancurkan Slovenia dan mereka tidak akan bangkit, itu gila. Tapi yang luar biasa adalah kami kembali ke jalur yang tepat dan memenangi pertandingan ini. Kami sangat senang mimpi kami terus berlanjut," ujarnya.

Pada babak empat besar yang berlangsung Jumat (16/9), Polandia akan menantang Prancis. Adapun laga semifinal lainnya mempertemukan Jerman dan Spanyol.(FIBA/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat