visitaaponce.com

IOC Pertahankan Skorsing IBA, Tinju Terancam Absen Mulai Olimpiade 2028

IOC Pertahankan Skorsing IBA, Tinju Terancam Absen Mulai Olimpiade 2028
Pertanidngan tinju di Olimpiade Tokyo 2020.(AFP/Ueslei MARCELINO)

KOMITE Olimpiade Internasional (IOC) mempertahankan skorsing terhadap Asosiasi Tinju Internasional (IBA) dengan alasan perubahan budaya drastis yang dituntut oleh IOC tidak dilakukan oleh IBA.

IOC mempertanyakan kepengurusan, transparansi keuangan, dan integritas wasit dan hakim IBA.

Direktur Olahraga IOC Kit McConnell bersama Dewan Eksekutif IOC (EB) telah mengirimkan surat baru kepada IBA setelah surat pertama kepada IBA yang berisi keprihatinan mereka.

Baca juga: Ini Dia Maskot Olimpiade Paris 2024

"IOC tidak ada dalam posisi untuk membalikkan sikap terkait pembekuan pengakuan terhadap IBA," ujar McConnell.

IBA telah dibekukan oleh IOC pada 2019 karena serangkaian skandal korupsi. Hal itu berarti tinju terancam tidak dipertandingkan di Olimpiade selepas Olimpiade Paris 2024.

Tinju tetap dipertangdingkan di Olimpiade Tokyo 2020 setelah IOC turun tangan memastikan kriteria kualifikasi. Hal yang sama berlaku di Olimpaide Paris 2024.

Namun, masa depan tinju di Olimpiade selepas Olimpiade Paris 2024 tidak diketahui.

"Tinju saat ini tidak masuk dalam program olahraga yang akan dipertandingkan di Olimpiade Los Angeles 2028," ungkap IOC kepada IBA lewat surat mereka.

"Jika keputusan harus diambil hari ini mengenai Olimpiade Los Angeles 2028, EB IOC tidak bisa merekomendiskan tinju untuk dipetrntaingkan karena otoritas tinju dunia yaitu IBA tidak menunjukkan keberhasilan mereka mengatasi masalah kepengurusan, keuangan, dan integritas wasit serta hakim mereka," lanjut IOC. (AFP/OL-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat