visitaaponce.com

Jelajah Cycling Series Jadi Wadah Pembinaan Atlet Nasional

Jelajah Cycling Series Jadi Wadah Pembinaan Atlet Nasional
Pernyelenggaraan lomba balap sepeda yang rutin menjadi wadah pembinaan atlet sepeda Indonesia.(dok.ant)

JELAJAH Sport menyelenggarakan event bertajuk Jelajah Cycling Series (JCS) Minang 2023. Kegiatan itu akan dilakukan pada 4 Maret 2023 di Sumatera Barat. Ajang tersebut diselenggarakan sebagai wadah perlombaan yang baik sehingga dapat menciptakan pembinaan atlet sepeda nasional

Ini merupakan event Gran Fondo yang mendapatkan lisensi dari Union Cycliste Internationale (UCI), induk organisasi sepeda di seluruh dunia. Itu sebabnya, event tersebut memiliki nama resmi UCI Gran Fondo – JCS 2023.

"Jelajah Cycling Series diadakan untuk menciptakan wadah perlombaan yang baik sehingga dapat menciptakan pembinaan untuk atlit sepeda kita dan sekaligus mengenal keragaman Indonesia," kata kata Co Founder Jelajah Sport Pipin Purnawan dalam keterangannya, Senin (19/12/2022).

Lomba balap sepeda ini terbagi dalam 8 kategori. Yakni Men Elite 19 tahun ke atas, Junior 17 tahun (17-18 tahun), Open (19-29 tahun), Master A (30-39 tahun), Master B (40-49 tahun), Master C (50-59 tahun), Women Elite (19 tahun), dan Women Master (30 tahun ke atas).

”Setiap kategori mendapatkan 10 pemenang. Total hadiah yang disiapkan panitia sebesar Rp 502,5 juta. Untuk menjadi peserta event UCI GrandFondo-Jelajah Cycling Series Minang 2023, dengan mengakses jelajahcyclingseries.id,”  kata Pipin.

Total jarak yang ditempuh sejauh 112 kilometer. Start dilakukan di Kota Padang dan finish di Istana Pagaruyung. Lomba tanjakan dilakukan di Sitinjau Lauik, dan lomba sprint atau kecepatan dilakukan di tepi Danau Singkarak.

JCS hadir pada 2023, ingin menjaga api semangat masyarakat Minangkabau terhadap aktivitas bersepeda tersebut. Selain itu, kehadiran para peserta dan pendukung di wilayah itu tentu akan terjadi pergerakan ekonomi baik melalui penyelenggaraan event maupun belanja yang dilakukan peserta dan panitia.

”Hal ini otomatis membantu pemerintah menghidupkan sektor pariwisata dan ekonomi nasional,” ucap Pipin. (OL-13)

Baca Juga: Diikuti Sekitar 5.500 Peserta, SEA Today Run 2022 Dapat Sambutan Positif Pelari

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat