visitaaponce.com

Presiden IOC Dilema Soal Partisipasi Atlet Rusia

Presiden IOC Dilema Soal Partisipasi Atlet Rusia
Presiden IOC Thomas Bach saat bersiap mengikuti pertemuan.(AFP)

PRESIDEN Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menghadapi keputusan terberat dari kepemimpinannya. Saat dirinya tengah mempertimbangkan apakah atlet Rusia dan Belarus harus diizinkan untuk berkompetisi di Olimpiade 2024.

Tanda-tanda yang datang dari badan-badan seperti Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan Komite Olimpiade dan Paralimpiade AS (USOPC) dalam dua minggu terakhir menyarankan atlet dari Rusia dan sekutunya Belarus harus diizinkan untuk mencoba dan memenuhi syarat untuk Olimpiade di Paris.

Komite Olimpiade Internasional telah setuju untuk mengeksplorasi proposal yang memungkinkan atlet dari negara-negara tersebut untuk berkompetisi dalam acara internasional di Asia.

Otoritas Olimpiade telah melarang mereka mengikuti invasi Rusia ke Ukraina dan federasi yang mengizinkan atlet dari negara-negara tersebut untuk ambil bagian bersikeras bahwa mereka tidak menampilkan lambang nasional.

Baca juga: Masyarakat Ukraina Ingin Natal Jadi Gerbang Perdamaian

Argumen yang diberikan adalah bahwa integritas acara akan dirusak oleh para atlet yang bertanding. Namun, IOC bulan ini mengatakan bahwa baik OCA dan beberapa Federasi Internasional (IF) di benua Asia meyakini alasan tindakan perlindungan tidak lagi ada.

Pelunakan sikap mereka membuat marah Presiden Ukraina Volodomyr Zelensky, yang menelepon Bach. Zelensky mengklaim 184 atlet Ukraina telah tewas sejak invasi Rusia dan menyerukan isolasi total Rusia dan sekutunya Belarusia.

Mantan kepala pemasaran IOC Michael Payne - yang dipuji karena merombak merek dan keuangan gerakan tersebut - mengatakan Bach menghadapi teka-teki.

Baca juga: IOC Pertahankan Skorsing IBA, Tinju Terancam Absen Mulai Olimpiade 2028

"Ini mungkin keputusan terberat yang dihadapi Bach dalam kepresidenannya. Dia dan IOC terjebak di antara batu dan tempat yang keras," jelas Payne.

Mantan eksekutif pemasaran IOC lainnya, Terrence Burns, seorang Amerika yang sejak itu berperan dalam lima kampanye penawaran Olimpiade yang sukses, mengatakan satu masalah adalah bahwa perang Ukraina telah berlangsung lebih lama dari yang diharapkan.

Burns mengatakan perubahan sikap IOC bukanlah mundur atau pelunakan. "Alasan keberadaan IOC adalah untuk menggunakan olahraga sebagai platform pemersatu mungkin satu-satunya dan untuk menjaga dan menyatukan dunia," katanya kepada AFP.

"Saya melihatnya sebagai evolusi arah pragmatis dalam situasi yang hampir tidak menguntungkan. Prinsip dan nilai penting, tidak peduli seberapa tidak populernya penerapannya,” tandasnya.(AFP/OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat