visitaaponce.com

Cuaca tidak Bersahabat, F1 Powerboat Danau Toba Digelar Satu Race

Cuaca tidak Bersahabat, F1 Powerboat Danau Toba Digelar Satu Race
Ilustrasi: pembalap tim Abu Dhabi, Thani Al Qemzi(ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

SEMPAT direncanakan dua race, ajang balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H20) Danau Toba akhirnya hanya menggelar satu race pada Minggu (26/2). Pasalnya, race kedua yang rencananya digelar pada sore hari pukul 15.00 harus terkendala angin dan gelombang yang tidak bersahabat di Danau Toba.

Tingginya angin dan gelombang di danau vulkanik terbesar di dunia ini pada sore hari sebenarnya sudah dirasakan saat sesi kualifikasi yang rencananya digelar Sabtu (25/2) sore. Karena kondisi tersebut, sesi kualifikasi dipindahkan pada Minggu pagi.

Direktur Utama Holding BUMN Pariwisata InJourney Donny Oskaria sebagai penyelenggara menyampaikan, pihaknya sebetulnya berencana memberikan hiburan tambahan dengan menambah race di sore hari.

"Kita sebetulnya sudah menyelesaikan race pukul 12.00. Tetapi kami ingin memberikan lebih kepada masyarakat Toba karena antusiasme yang luar biasa. Tapi memang tadi kita coba dan cuaca tidak memungkinkan," ungkap Donny dalam konferensi pers usai acara.

Baca juga: Presiden Saksikan Langsung Balapan F1 Powerboat

Seperti diketahui, race kedua sebenarnya sempat dimulai. Namun gelombang tinggi memperlihatkan para pembalap tidak berani mengambil risiko. Mereka terlihat memelankan kapal di putaran-putaran awal.

F1H20 Danau Toba pun akhirnya memunculkan satu pemenang yakni Bartek Marszalek (Polandia) dari Stromoy Racing. Setelah mengarungi 18 putaran, Marszalek unggul 01,97 detik lebih cepat dari peringkat kedua Sami Sello (UEA) dari Sharjah Team, dan unggul 03,26 detik dari peringkat ketiga Erik Stark (UEA) dari tim Victory. Ini merupakan kemenangan pertama Marszalek di ajang tersebut.

"Satu hal secara personal yang spesial bagi saya adalah ini adalah kemenangan pertama dalam karier saya di F1H20 dan ini terjadi di Indonesia, dengan penonton yang memberikan atmosfer yang sangat luar biasa. Itu menjadi motivasi tambahan bagi saya. Saya menantikan lomba-lomba berikutnya di Danau Toba," ujarnya dalam konferensi pers selepas laga.

Perwakilan H2O Racing Raimondo Di San Germano menyebut pagelaran ini merupakan kemenangan bagi masyarakat Indonesia.

"Indonesia telah menjadi salah satu crowd yang paling ramai, sambutannya pun sangat antusias. Walaupun sekarang kita sudah punya pemenang dari balapan, tetapi saya ingin mengungkapkan bahwa ada pemenang lain yaitu masyarakat Indonesia," ungkapnya pada kesempatan yang sama.

F1 Powerboat Danau Toba menjadi seri perdana di tahun ini. Seri selanjutnya akan dilangsungkan April 2023 mendatang di Tiongkok. (OL-17)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat