visitaaponce.com

Apriyani Mengaku Sudah Merasa Sakit Sejak Putaran Pertama Swiss Terbuka

Apriyani Mengaku Sudah Merasa Sakit Sejak Putaran Pertama Swiss Terbuka
Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu (kanan) bersama Siti Fadia Silva Ramadhanti(MI/DOK-PBSI)

PEBULU tangkis spesialis ganda putri Apriyani Rahayu mengatakan masalah bahu kanan yang membuat langkahnya terhenti di semifinal BWF World Tour Super 300 Swiss Terbuka 2023 bersama Siti Fadia Silva Ramadhanti sudah terasa sejak putaran pertama.

"Sebenarnya cedera ini timbul dan hilang. Terasa tapi terus hilang. Saya seperti tidak merasa sakit, tetapi kemudian sakit lagi. Pada saat bermain pertama di Swiss, mulai terasa lagi," kata Apriyani dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (26/3).

Apriyani/Fadia mengawali kiprah di Swiss Terbuka 2023 di St Jakobshalle, Basel, Rabu (22/3) dengan mengalahkan wakil India Treesa Jolly/Gayatri Gopichand dengan skor 21-14 dan 21-14.

Baca juga: Apriyani/Fadia Mundur di Semifinal Swiss Terbuka 2023

Satu hari kemudian, di putaran kedua, unggulan kedua di Swiss Terbuka 2023 itu mengalahkan ganda putri Thailand Supissara Pawsampran/Puttita Supajirakul dengan skor 21-17 dan 21-13.

"Saat lawan Thailand, (cedera bahu) sudah mulai terasa lagi," ujar Apriyani.

Lalu, pada perempat final, Jumat (24/3), Apriyani/Fadia berhasil melewati hadangan pasangan Tiongkok Li Yijing/Luo Xumin dengan 22-20 dan 21-16.

Baca juga: Apri/Siti Pastikan Tempat di Semifinal Swiss Terbuka 2023

Di semifinal, mereka akhirnya menyerah karena Apriyani tidak kuasa menahan sakit pada bahu kanan saat melawan pasangan asal Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota yang berakhir dengan skor 17-21 dan 10-16.

"Kemarin malam, bahu saya seperti ngilu sekali. Saya hari ini (semifinal) tetap memaksakan main dengan menahan rasa sakit saja," kata Apriyani.

Apriyani tidak ingin memaksakan dan lebih memilih mundur di babak empat besar Swiss Terbuka 2023 demi melanjutkan karier ke depan. 

Dia juga telah lebih dulu berdiskusi dengan pelatih dan Fadia sebelum akhirnya mengambil keputusan tersebut.

"Cedera bahu kanan ini pasti sangat mengganggu. Kalau tidak mengganggu pasti saya tidak akan retired. Namanya atlet pasti ada namanya cedera. Saya hanya berpikiran untuk ke depan. Daripada maksa tapi malah makin berat cederanya," kata Apriyani.

"Saya juga sudah diskusi dengan Fadia dan pelatih. Jadi saya lebih baik mundur agar cederanya tidak makin parah. Minta doanya saja supaya saya bisa balik main lagi," lanjutnya.

Dengan keputusan Apriyani/Fadia, Indonesia pada sektor ganda putri dipastikan pulang tanpa gelar. Tahun lalu, pasangan ini juga absen di Swiss Terbuka 2022. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat