visitaaponce.com

Wayan Koster Tolak Piala Dunia U-20, Dukung World Beach Games

Wayan Koster Tolak Piala Dunia U-20, Dukung World Beach Games
Gubernur Bali dan Kader PDIP I Wayan Koster(Antara/Risyal Hidayat)

Gubernur Bali I Wayan Koster akhirnya menyatakan sikap mendukung penuh penyelenggaraan ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 Bali yang berlangsung 5-12 Agustus mendatang.

Komitmen tersebut dituangkan dalam pernyataan bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari di Rumah Dinas Gubernur Bali, Jumat (14/4).

“Alhamdullillah hasil diskusi hari ini membawa keberkahan. Ada kesepakatan dari Pemprov Bali untuk mendukung 100% penyelenggaraan AWBG Bali," ujar Dito dalam keterangan tertulis, Jumat (14/4).

Baca juga: Koster Melunak dan Merestui World Beach Game di Bali

Kader PDI Perjuangan itu mengatakan telah mendapat penjelasan langsung dari Oktohari yang juga selaku ex-officio Ketua Panitia Penyelenggara AWBG Bali.

“Bali tuan rumah AWBG 2023. Maka Bali akan memberikan dukungan penuh agar event berjalan sukses dan AWBG berjalan sesuai amanat konstitusi,” kata Wayan Koster.

Baca juga: Menpora Akan Temui Gubernur Bali Soal Penolakan Tim Israel di World Beach Games

Secara simbolis, Okto juga menyerahkan plakat Komite Olimpiade Indonesia dan logo AWBG yang mengambil makna mitologi Bali, Barong, kepada Gubernur Wayan Koster. AWBG merupakan multievent olahraga ketiga terbesar di dunia setelah Olimpiade Musim Panas dan Olimpiade Musim Dingin.

I Wayan Koster sempat menyatakan menolak atlet Israel bermain di Piala Dunia U-20. Ada kekhawatiran AWBG 2023 batal terlaksana di Indonesia seperti Piala Dunia U-20 lantaran sudah dipastikan ada atlet-atlet Israel yang akan ambil bagian dalam ajang internasional tersebut.

Oktohari mengatakan pengumuman resmi tim negara mana saja yang berpartisipasi pada AWBG akan disampaikan dalam waktu dekat Ia menyebutkan akan ada pertemuan terkait daftar negara-negara yang akan berpartisipasi.

“Kami jelaskan, informasi yang beredar itu belum valid. Bali adalah tempat paling siap untuk menyambut para tamu. Dalam waktu dekat, akhir April ini kami akan mengadakan CdM Meeting, dan di situ akan keliatan negara mana saja yang sudah lolos kualifikasi,” ujar Oktohari.

“Kami berterima kasih kepada Pak Gubernur Bali Wayan Koster. Beliau tadi juga memberi solusi terkait salah satu venue yang masih tentatif yaitu beach soccer di Nusa Dua. Beliau sampaikan akan membantu," tandasnya.

AWBG Bali 2023 akan diikuti oleh sekitar 1.600 atlet lebih dari 130 negara. Mereka yang akan tampil harus melalui proses kualifikasi ketat hingga Juli 2023. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat