visitaaponce.com

Menpora Akan Temui Gubernur Bali Soal Penolakan Tim Israel di World Beach Games

Menpora Akan Temui Gubernur Bali Soal Penolakan Tim Israel di World Beach Games
Menpora Dito Ariotedjo(Dok. Kemenpora)

MENTERI Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo akan menemui Gubernur Bali I Wayan Koster terkait kedatangan kontingen Israel yang akan bertanding di ANOC World Beach Games (AWBG) di Bali pada 5-12 Agustus 2023. 

Dito tidak ingin perjuangan atlet yang sudah berjuang untuk berlaga di Pesta Olahraga Pantai Dunia itu sia-sia.

"Kami akan tetap mempertahankan dan Kemenlu (Kementerian Luar Negeri) sudah berbicara bahwa World Beach Games tetap dilaksanakan. Jadi kita berlandaskan pada Kemenlu saja," kata Dito ditemui di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (6/4).

Baca juga : Konsisten, Koster Tetap Menolak Israel Tampil World Beach Game

Untuk bisa tampil di AWBG, atlet dari setiap negara terlebih dahulu harus lolos pertandingan kualifikasi termasuk tuan rumah Indonesia. Dito mengaku sudah mendengar informasi penolakan atlet Israel oleh Gubernur Bali dari pemberitaan di media. Pekan ini, ia akan menemui I Wayan Koster terkait polemik tersebut.

"Kami agendakan minggu ini. Minggu ini akan kami kejar," kata Dito.

Baca juga : Menpora dan Ketum KOI Kedepankan Diplomasi soal World Beach Games

Ada kekhawatiran AWBG 2023 batal terlaksana di Indonesia seperti Piala Dunia U-20 lantaran ada atlet-atlet Israel yang dipastikan lolos dan akan ambil bagian dalam ajang internasional tersebut.

"Kalau kekhawatiran (gagal) pasti ada, tapi Insya Allah hatinya sudah terbuka. Doakan saja semoga ini bisa tetap berjalan," lanjutnya.

Sebelum bertemu I Wayan Koster, Dito akan bertemu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terkait dasar penolakan atlet Israel yang disampaikan I Wayan Koster soal Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri.

"Saya ingin mendapatkan bahan lebih lengkap. Nanti bahan itu yang akan saya diskusikan dengan Gubernur Bali," kata Dito.

Koster sebelumnya mengatakan penolakan kepada atlet Israel untuk AWBG 2023 berpatokan kepada Peraturan Menteri Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri.

"Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam peraturan menteri luar negeri, tidak boleh menyampaikan lagu kebangsaan (Israel). Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang," kata Koster kepada media, di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (5/4). (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat