visitaaponce.com

Menpora Diminta Usulkan ke Presiden agar David Jacobs Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan

Menpora Diminta Usulkan ke Presiden agar David Jacobs Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan
David Jacob.(ANTARA/RIVAN AWAL LINGGA)

KETUA Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP PTMSI) Oegroseno memohon ke Menpora Dito Ariotedjo agar mengusulkan David Jacobs dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Pasalnya, kata Oegroseno, David yang wafat pada Kamis (27/4) sudah berulang kali mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di arena internasional melalui olahraga tenis meja.

"Prinsipnya Pak Menpora bisa mengusulkan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo agar David mendapatkan gelar kehormatan putra terbaik bangsa dengan berhak mendapatkan Bintang Maha Putera sehingga berhak pula dimakamkan di Taman Makam Pahlawan," kata mantan Oegroseno dalam keterangannya, Sabtu, (29/4).

Baca juga: David Jacobs Ditemukan Tak Sadarkan Diri di Pinggir Rel, Ini Penjelasan Polisi

David menghembuskan nafas terakhirnya pada umur 45 tahun. Ia awalnya ditemukan tak sadarkan diri di pinggir rel kereta api jalur Stasiun Gambir - Stasiun Juanda pada km 4+700, Kamis (27/04) malam. David sempat mendapatkan pertolongan medis di Rumah Sakit Husada, Jakarta, tetapi nyawanya tidak berhasil diselamatkan.

David lahir di Makassar, 21 Juni. Sebelum terjun di paratenis meja, David merupakan andalan Indonesia di tenis meja. Dia berpartisipasi pada SEA Games pertamanya pada 2001. Berduet dengan Yon Mardiono, mereka memenangi satu-satunya medali emas Indonesia pada pertandingan tenis meja SEATTA di Singapura. 

David juga bermain di SEA Games Vietnam (2003), Filipina (2005), dan Thailand (2007). Pada 2008, David menjadi pelatih untuk tim tenis meja Indonesia dan pada 2009 dia bertanding di SEA Games di Kuala Lumpur.

Baca juga: Segudang Prestasi Atlet Paratenis Meja Indonesia David Jacobs yang Meninggal Dunia

Di level Asia, David Jacob yang turun di kelas TT 10 para tenis meja juga memiliki prestasi gemilang. Ia bersama Komet Akbar sukses meraih medali emas Asian Para Games 2018 usai mengalahkan ganda Korea Selatan Shin Seung-weon/Jung Sukyon.

David Jacob juga tercatat berhasil mempersembahkan medali perunggu bagi Merah Putih di Paralimpiade, yakni Paralimpiade 2012 di London, Inggris dan Paralimpiade 2020 Tokyo, Jepang. (KOI/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat