visitaaponce.com

9 Negara Berebut Tiket Masuk Kejuaraan Dunia

9 Negara Berebut Tiket Masuk Kejuaraan Dunia
Sesi foto di sela-sela konferensi pers Asian Zona 3.3 Open & Women Chess Championship 2023 di Jakarta, Rabu (3/5).(MI/BUDI ERNANTO)

PERCASI akan kembali menggelar turnamen catur internasional. Ajang bertajuk Asian Zona 3.3 Open & Women Chess Championship 2023 itu rencananya akan berlangsung Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, mulai Jumat (5/5) hingga Jumat (13/5).

Menurut Ketua Panitia Asian Zona 3.3 Open & Women Chess Championship 2023 Dwi Hatmisari Ambarukmi, ada 58 peserta dari 9 negara yang akan berpartisipasi. Sementara 9 negara yang dimaksud ialah Malaysia, Thailand, Mongolia, Singapura, Taiwan, Vietnam, Indonesia, Hong Kong, dan Filipina

Mereka akan bersaing untuk memperebutkan tiket ke Piala Dunia Catur 2023 yang akan diselenggarakan pada Juli-Agustus 2023 di Baku, Azerbaijan.

Baca juga: Catur Cepat Ramadhan Cup Kembali Digelar

“Tersedia tiga tiket untuk berlaga di Piala Dunia. Dua tiket untuk juara dan runner-up di kelompok terbuka (putra) dan satu tiket untuk juara di kelompok women (putri),” terang Dwi, Rabu (3/5).

Sebagai tuan rumah, Indonesia menurunkan tim dengan jumlah pemain terbanyak, yaitu 20 pecatur yang terdiri dari 12 pecatur putra dan 8 pecatur putri. Sementara Vietnam berada di urutan kedua dengan 15 pecatur (6 putra dan 9 putri), disusul Mongolia yang mengirimkan 9 pemainnya (6 putra dan 3 putri). 

Ketua Umum Percasi GM Utut Adianto mengatakan adalah kesempatan yang luar biasa didapat Indonesia untuk bisa kembali menggelar turnamen internasional. Tahun lalu, Indonesia menyelenggaran Asian Youth Chess Championship di Bali.

Baca juga: Percasi kembali Gelar Turnamen Catur Cepat Christmas Cup

“Selama ini Indonesia selalu menjadi tuan rumah yang luar biasa, karena mampu memberikan yang terbaik. Dan, saya berharap turnamen kali ini tak hanya bersinar karena penyelenggaraannya, juga dapat melahirkan pemain-pemain yang akan menjadikan Zona 3.3 menjadi kekuatan yang diperhitungkan di skala global,” ujar Utut yang juga Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3.3 Asia.

Asian Zona 3.3 Open & Women Chess Championship 2023 ini menggunakan sistem Swiss 9 babak, serta menerapkan aturan (regulations) yang ketat sesuai turnamen catur internasional pada umumnya. Tak hanya itu, kejuaraan ini pun sangat bergengsi karena menyediakan hadiah US$9.000 kategori terbuka (putra) dan US$6.000 untuk kategori women (putri). (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat