visitaaponce.com

Raih Emas Kejurnas Kempo Monas Cup, Haruming Sekar Siap Ikuti Popnas

Raih Emas Kejurnas Kempo Monas Cup, Haruming Sekar Siap Ikuti Popnas
Haruming Sekar (ketiga dari kiri) meraih medali emas di Kejurnas Kempo Monas Cup dan Invitasi Shorinji Kempo 2023.(Ist)

ATLET beladiri Shorinji Kempo Perkemi ((Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia), Haruming Sekar kembali menorehkan prestasi di Kejurnas Kempo Monas Cup dan Invitasi Shorinji Kempo 2023.

Mengikuti nomor Embu Pasangan Putri kyu III/II Remaja, Sekar yang berpasangan dengan Shifa berhasil menyabet medali emas.

Sekar yang bernama lengkap Haruming Sekar Kinasih adalah siswi kelas 11 SMA Negeri 70 Bulungan, Jakarta Selatan, memiliki prestasi gemilang di beberapa kejuaraan-kejuaraan sebelumnya.

Baca juga: Atlet Asal Manggarai, NTT Raih Tiga Medali di Kejuaraan Dunia Kempo

Atas prestasi medali emas, Sekar akhirnya mendapatkan ticket untuk melaju ke Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) yang akan berlangsung di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel) pada September 2023 mendatang.

Sekar pun menjadi atlet unggulan DKI Jakarta yang berpeluang besar menyabet emas di nomor yang diunggulkan.

Orangtua Sekar menceritakan bahwa sang putri memang sejak kecil sudah menggeluti beladiri Kempo.

Geluti Bela Diri Kempo Sejak Usia 9 Tahun

"Sekarang usia Sekar 16 tahun. Dia ikut kempo sejak usia 9 tahun kelas 4 SD. Dia sudah ikut berbagai kejuaraan antar dojo kota dan lanjut sampai kejuaraan nasional Shorinji Kempo," ujar ibunda Sekar, Linda Kartika Dewi yang juga seorang artis pemeran guru dalam serial populer "Keluarga Cemara".

Baca juga: Prajurit TNI AD Juarai Turnamen Kempo Internasional di Portugal

"Dan sekarang sedang persiapan Kejuaraan Popnas pada akhir Agustus 2023 di Palembang," kata Linda.

Keberhasilan Sekar menjadi atlet kempo yang banyak meraih prestasi, dikatakan Linda, karena ayah Sekar konsisten melakukan  pembinaan dan arahan kepada sang putri.

"Sejak mulai berlatih di Dojo Bulungan Sekar konsisten dibina dan diarahkan ayahnya mengikuti pembinaan sejak usia dini menuju pentas dunia siap mewakili Indonesia di kompetisi tingkat regional dan dunia (taikai)." imbuh Linda.

Terkait Kempo Monas Cup dan Invitasi Shorinji Kempo disebutkan bahwa saat ini ada sekitar 450 khensi yang masih bertarung untuk memperebutkan tempat terbaik.

Baca juga: Gelar Training dan Grading, FKI Datangkan Sensei Jepang dan Inggris

Perhelatan olahraga bela diri diselenggarkan oleh Pengprov Perkemi DKI Jakarta di GOR Tanjung Priok pada 26-28 Mei 2023.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Adi Raviadi Abbas, ratusan peserta yang hadir mewakili kota dan kabupaten di Indonesia.

“Pesertanya berasal dari kota dan kabupaten di Indonesia. Totalnya ada 27 kota dan kabupaten. Misalnya dari Kota Malang, Jogjakarta, Lampung, Padang dan lain-lain. Mereka mewakili provinsi di Sumatera, Kalimantan dan Jawa," jelasnya.

"Tadinya wilayah Timur akan turut serta. Namun ada agenda yang bersamaan sehingga kontingen dari wilayah Timur terpaksa membatalkan diri,” jelas Adi yang juga menjabat Sekum Pengprov Perkemi DKI sekaligus salah satu pelatih bersabuk hitam. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat