visitaaponce.com

Kejurnas Atletik Jadi Babak Kualifikasi PON 2024

Kejurnas Atletik Jadi Babak Kualifikasi PON 2024
Atlet DI Yogyakarta Ravaelle Khaechar melakukan lompatan pada nomor final lompat jangkit putra U18 Kejurnas Atletik 2023, Rabu (21/6).(ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA)

SEKITAR 1.500 atlet dari 37 provinsi se-Indonesia terlibat dalam    Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik 2023 yang akan mempertandingkan 128 nomor di Stadion Sriwedari, Surakarta, Jawa Tengah selama sepekan mulai Rabu (21/6).

Kejurnas, menurut Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Luhut Binsar Pandjaitan, menjadi kualifikasi PON 2024 yang akan digelar di Aceh-Sumatra Utara pada September tahun depan.

Sementara itu, soal pemilihan lokasi Kejurnas, menurut Luhut Surakarta dipilih menjadi tuan rumah karena memiliki sejarah panjang untuk ajang olahraga sejak Indonesia masih dijajah.

Baca juga: PASI Berharap Kejurnas Atletik Lahirkan Bibit Unggul

"Pada 1943, Kota Solo (Surakarta) menjadi kota pertama perlombaan segitiga atletik antara pelajar sekolah menengah di Bandung, Yogyakarta, dan Solo. Lalu 1946 di Solo ada Kongres pendirian Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI)," jelas Luhut.

Baca juga: Capaian Emas Tim Atletik di SEA Games 2023 Lampaui Target

PORI, lanjut dia, sebagai langkah awal untuk menandakan Pekan Olahraga Nasional (PON). Momen 12 September 1948 itu menjadi bukti perjalanan panjang dan penting bagi PASI. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat