visitaaponce.com

Jepang Terbuka 2023 Tiga Wakil Indonesia Lolos, Tiga Lainnya Tersisih

Jepang Terbuka 2023 : Tiga Wakil Indonesia Lolos, Tiga Lainnya Tersisih
tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo(Twitter @InaBadminton)

ENAM wakil Indonesia yang berlaga pada hari pertama turnamen Jepang Terbuka 2023 meloloskan setengahnya. Di tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo, memastikan tempat ke 16 besar usai mengalahkan pemain Israel, Misha Zilberman.

Pada babak pertama yang berlangsung di Yoyogi Gymnasium, Tokyo, Selasa (25/7), Chico menuntaskan laga dua gim langsung 21-15, 21-14. Sejak awal Chico langsung memegang kendali permainan dan bisa mengeluarkan strategi yang sudah disiapkan.

"Lawan adalah pemain senior yang cukup ulet, tadi dia beberapa kali sulit dimatikan tapi saya lebih telaten dalam menyerang untuk menembus pertahanan dia," ucap Chico.

Baca juga : Gregoria Lolos ke Babak 16 Besar Jepang Terbuka

Pada babak 16 besar Kamis (27/7), lawan berat bakal dihadapinya yakni unggulan pertama Viktor Axelsen. Chico tak mau gentar dan bakal menyiapkan strategi serta kondisi fisik. Chico selalu menelan kekalahan ketika bertemu pebulu tangkis nomor satu dunia itu.

"Pastinya mau coba lagi bertanding dengan Viktor tapi saya harus siap siapa pun lawannya," ujarnya.

Baca juga : Rehan/Lisa Tersingkir di Putaran Pertama Jepang Terbuka

Di sektor tunggal putri, satu-satunya wakil Indonesia Gregoria Mariska Tunjung lolos usai mengalahkan wakil Thailand, Pornpawee Chochuwong.

Gregoria berjuang melalui tiga gim. Pada gim pertama dia sempat tertinggal namun kemudian berduel sengit memetik kemenangan 21-19. Gim kedua giliran Pornpawee unggul 18-21. Gim penentuan Gregoria mampu bangkit mengamankan kemenangan 21-18.

Di ganda putra, unggulan ketujuh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menyingkirkan wakil Korea Selatan, Kim Gi Jung/Kim Sa Rang dengan 22-20, 21-15. Meski lolos, pasangan berjuluk the Daddies itu belum puas karena masih banyak ragu-ragu dan belum enak bermain.

"Persiapan ke sini tidak ada kendala, satu minggu kemarin memang teman-teman ganda putra utama berangkat ke Korea. Tapi lawan tanding di latihan kami tidak terganggu. Masih ada Kevin dan junior-junior yang punya kualitas mumpuni," kata Ahsan.

Sementara itu, ganda putri andalan Merah Putih, Apriyani Rahayu/Siti Fadia, angkat koper lebih cepat. Mereka disisihkan oleh pasangan tuan rumah Nami Matsuyama/Chiharu Shida lewat duel tiga gim 12-21, 21-16, 13-21.

Di gim pertama Apriyani/Siti Fadia bermain dengan pola yang kurang tepat dan tidak cepat keluar dari permainan tersebut. Di gim kedua mereka mengubah pola dan lancar sampai akhir. Hanya, di gim ketiga merrka kurang tenang sehingga kontrol bola tidak konsisten.

"Kami juga banyak melakukan kesalahan yang membuat lawan bermain lebih nyaman," ujar Apriyani.

"Kami menerima kekalahan hari ini tapi memang agak kesal rasanya. Kami sudah mencoba untuk bangkit tapi memang perlu usaha yang lebih dari kuat," imbuhnya.

Dua pasangan ganda campuran juga tersisih di hari pertama. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati takluk di tangan wakil Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet, dengan 15-21, 14-21.

Adapun Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti kalah dari pasangan tuan rumah unggulan ketiga, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, dengan 13-21, 8-21. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat