visitaaponce.com

Jonatan Christie Gagal Bendung Dominasi Axelsen

Jonatan Christie Gagal Bendung Dominasi Axelsen
Jonatan Christie meraih posisi runner up tunggal putra Jepang Terbuka 2023 setelah di final kalah dari Viktor Axelsen 7-21, 18-21.(DOK PBSI)

TUNGGAL putra Indonesia Jonatan 'Jojo' Christie, gagal menghentikan dominasi Viktor Axelsen di partai final Jepang Terbuka 2023, Minggu (30/7). Jojo takluk menghadapi pemain Denmark rangking satu dunia dua gim langsung 7-21, 18-21 dalam durasi 45 menit.

"Memang harus menerima kembali berada di posisi kedua di sini, tapi saya rasa pencapaian saya sudah cukup baik," kata Jojo usai laga.

Axelsen terlalu tangguh di laga itu. Jojo, peringkat sembilan dunia itu langsung tertinggal 13-0 ketika laga dimulai. Setelah terpaut jauh, ia tak mampu lagi mengejar dan akhirnya kalah di gim pertama, 7-21.

Baca juga: Jonatan Christie Gagal Raih Juara Korea Terbuka

Di game kedua, Jojo berusaha mengimbangi permainan Axelsen. Dia mampu unggul 8-4 sebelum mengakhiri interval gim ini dengan 11-8. Namu, sejumlah kesalahan ditambah agresivitas Axelsen membuat Jojo gagal mempertahankan posisinya dalam pengumpulan poin. Axelsen bisa menyamakan skor menjadi 17-17 dan semakin tak terbendung. Ia menutup gim dengan kemenangan 21-18.

"Di gim pertama, strategi yang saya jalankan kurang berjalan dengan baik dan pengembalian bola saya membuat dia mudah untuk menyerang. Alhasil saya tidak bisa keluar dari tekanan," ujarnya.

"Di gim kedua saya berusaha lebih agresif, dari permainan depannya juga jarang membuat Viktor mendapat serangan yang enak. Tapi kembali lagi ada catatan-catatan yang masih harus diperbaiki," lanjutnya.

Baca juga: Fajar/Rian Kandas di Semifinal Jepang Terbuka

Dengan hasil ini, Axelsen terus melanjutkaan dominasinya atas Jojo dalam rekor pertemuan. Dari 10 kali bertanding, Axelsen menang delapan kali. Dia cuma kalah dua kali dari Jojo. Jojo terakhir kali menang atas Axelsen adalah pada tahun 2019. Saat itu, Jojo menyingkirkan Axelsen lewat permainan tiga tim di semifinal Prancis Terbuka.

Ini juga menjadi gelar ketiga Axelsen sepanjang 2023. Sebelumnya, pemain 29 tahun ini menjadi juara Malaysia Terbuka dan Indonesia Terbuka 2023. Sedangkan bagi Jojo, hasil ini membuat dia belum bisa menambah trofi pada 2023. Sebelummya, atlet berusia 25 tahun tersebut baru juara di Indonesia Masters 2023.

"Ada beberapa hal yang harus diperbaiki, terlebih lagi untuk melawan Viktor (Axelsen). Sudah ada beberapa poin yang bisa saya ambil dari pertandingan tadi untuk dipelajari di Jakarta," kata Jojo.

"Tidak mudah bertanding dengan dia, memang harus siap capek dan harus lebih sabar," lanjut Jojo. (R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat