visitaaponce.com

Ini Alasan Banyuwangi Dipilih Sebagai Lokasi Tour of Kemala 2023

Ini Alasan Banyuwangi Dipilih Sebagai Lokasi Tour of Kemala 2023
Ilustrasi. Para pembalap sepeda memacu tunggangannya di Kalibendo, Banyuwangi, Jawa Timur.(ANTARA/BUDI CANDRA SETYA)

TOUR of Kemala kembali digelar tahun ini di Banyuwangi, Jawa Timur. Ada alasan mengapa Yayasan Kemala Bhayangkari dan Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) memilih wilayah tersebut.

“Banyuwangi dipilih karena memiliki variasi rute tanjakan panjang dengan kombinasi jalan datar untuk menguji ketahanan dan kekuatan rider,” kata Koordinator Lapangan Tour of Kemala Banyuwangi 2023 Erni Agung di Gedung Bhayangkari Mabes Polri, Jakarta, Senin (21/8).

Erni mengatakan Banyuwangi juga tidak bisa dipisahkan dalam sejarah balap sepeda Indonesia. Sebab, Banyuwangi telah melahirkan atlet-atlet berprestasi.

Baca juga: Tour of Kemala akan Digelar di Banyuwangi

“Bahkan tempat pelatihan ISSI berada di Banyuwangi,” papar dia.

Erni menyebut alasan lainnya, yakni Banyuwangi memiliki banyak keindahan yang perlu disebarluaskan. Mulai dari Jawatan Benculuk, Waduk Wajulmati, hingga Osing Kamiren.

“Serta masih banyak lagi yang juga memiliki daya tarik pengunjung asing,” ujar dia.

Baca juga:  Mengenal Aiman Cahyadi, Pembalap Sepeda Indonesia yang Sukses di SEA Games dan Klub Profesional

Erni juga menceritakan pengalamannya saat melakukan survei ke Banyuwangi. Dia terkesima dengan kuliner di sana salah satunya batok tawon.

“Batok tawon harus dicoba dan nanti kita bertemu di Banyuwangi,” tutur dia.

Tour of Kemala Banyuwangi 2023 digelar pada 7 Oktober hingga 8 Oktober. Ajang balap sepeda itu terbagi atas dua kategori, yakni race 128 kilometer (km) untuk peserta profesional nasional dan internasional di hari pertama.

Kategori kedua ialah tour 55 km yang berlangsung di hari kedua. Peserta nonprofesional bisa berpartisipasi dalam kategori ini. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat