visitaaponce.com

Apsumsi Gelar Turnamen Sepak Bola Piala Menpora U-13

Apsumsi Gelar Turnamen Sepak Bola Piala Menpora U-13
Agus Riyanto(Dok pribadi)

ASOSIASI Pembina Sepak Bola Usia Muda Seluruh Indonesia (Apsumsi) bakal menggelar turnamen sepak bola Piala Menpora U-13, di Lapangan FORSGI Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu-Minggu (26-27/8).

Turnamen ini akan diramaikan 16 tim yang merupakan anggota Apsumsi di Indonesia. Mereka dibagi menjadi empat grup yang nanti juara dan runner up bakal melaju ke babak delapan besar. Setelah itu memakai sistem gugur hingga ketemu juaranya.

Ketua Umum Apsumsi Agus Riyanto menyampaikan, organisasi yang dipimpinnya baru terbentuk pada Januari 2023. Organisasi ini merupakan wadah dari para operator kompetisi usia muda di Tanah Air.

"Saat awal dibentuk ada 10 anggota, namun kini menjadi 13 anggota. Mereka sudah memiliki visi misi yang sama untuk turut memajukan sepak bola usia muda di negeri ini," tutur Agus.

Dengan adanya Apsumsi setiap operator yang ingin mengajukan event atau kegiatan kepada pemerintah, tidak jalan sendiri-sendiri. Tapi langsung mengatasnamakan Apsumsi.

"Jadi, keberadaan Apsumsi berada di bawah komando Kemenpora dan juga bekerja sama dengan federasi, dalam hal ini PSSI. Jadi Apsumsi bukan pembanding PSSI. Apsumsi akan selalu tegak lurus kepada pemerintah dan PSSI," tambah Agus lagi.

Adapun 13 anggota Apsumsi yang bakal meramaikan turnamen yaitu FORSGI, FOSSBI, Komjur, GEAS Indonesia, Go Bola Bali, FOSSBOLINDO, SBAI, BLISPI, LGI, LSI, ASSBI, DCT Royal, dan Asosiasi Futsal.

Lantaran jumlah anggota 13 dan Asosiasi Futsal tidak ikut andil dalam turnamen ini, maka ditambahi lagi empat tim rekomendasi dari para penasihat Apsumsi. Keempat tim ditambahkan adalah LSI 2, Tri Darma FC, Jalal JSS dan Ortuseight.

Agus menambahkan, pemilihan kategori usia tersebut sudah memakai lapangan penuh dengan 11 pemain lawan 11 pemain. Ini berbeda dengan usia di bawahnya yang memakai setengah lapangan. Panitia sudah menyiapkann dua venue di lapangan FORSGI.

"Usia 13 tahun adalah pondasi awal pembinaan sepak bola usia muda karena mereka memakai lapangan full. Kami akan lihat ke depan seperti apa, apakah akan berjenjang menggelar turnamen untuk usia 14 tahun atau 15 tahun," terangnya.

Dia juga menjelaskan turnamen bergengsi ini bukan untuk mengejar juara semata. Tapi lebih dari itu, event tersebut dijalankan juga sebagai ajang silaturahmi antarpemain, orangtua hingga para operator kompetisi usia muda. 

Pihaknya juga berharap turnamen Piala Menpora U-13 bisa menghibur masyarakat, betul-betul berkarakter luhur dan mulia karena ajang ini jadi pondasi pembinaan sepak bola di grassroot dan dijadikan pondasi yang kuat.

Selain itu, untuk memeriahkan turnamen, pada laga final akan dimeriahkan hiburan yang mempertandingkan antara Apsumsi versus Legenda Tim Nasional yang diperkuat Budi Sudarsono, Herry Kiswanto hingga Rully Nere. (RO/O-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eko Suprihatno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat