visitaaponce.com

FIBA World Cup di Jakarta Resmi Dibuka

FIBA World Cup di Jakarta Resmi Dibuka
Atlet basket Latvia Rodions Kurucs (tengah) mencoba mencetak angka dalam pertandngan FIBA World Cup group H melawan Lebanon(AFP)

PENONTON memadati Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Jumat (25/8)  menyaksikan laga pembuka FIBA World Cup 2023. Dua laga pembuka yang dimainkan menjadi saksi arena berkapasitas 160 ribu penonton itu untuk pertama kalinya digunakan menghelat kejuaraan dunia basket.

Indonesia menjadi tuan rumah babak penyisihan Grup G dan H, menggelar babak 2, dan menggelar babak klasifikasi 17-32. Laga Latvia melawan Lebanon menjadi pembuka kejuaraan sebelum upacara pembukaan yang digelar malam hari.

Latvia yang mendominasi di setiap babak dan mengalahkan Lebanon dengan skor 109-70. Daris Bertans mencetak poin tertinggi dengan 20 angka, dengan 18 poin diciptakan lewat tembakan tiga angka. Akurasi tembakan tripoin dari Bertans mencapai 85,7%, atau enam berhasil dari tujuh upaya yang dilakukan.

Baca juga : Timnas Basket Prancis: Kanada Jadi Lawan Berat di Piala Dunia FIBA 2023

Laga ini juga dihadiri pendukung kedua tim yang datang khusus ke Jakarta untuk menyaksikan kedua tim berlaga. Antusias penonton sudah mulai terlihat sejak sore hari untuk menyaksikan laga pembuka sekaligus upacara pembukaan. 

Baca juga : Timnas Kanada Optimistis Buka Laga Piala Dunia FIBA 2023 dengan Apik

Penonton semakin banyak berdatangan untuk menyaksikan laga antara Kanada melawan Prancis. Laga ini paling menyita perhatian di Grup H yang dilabeli dengan grup maut karena ada 10 bintang NBA, tujuh dari Kanada dan tiga dari Prancis, yang tampil dengan tiket pertandingan yang telah habis terjual jauh-jauh hari sebelum laga.

Presiden Joko Widodo resmi membuka turnamen itu melalui tayangan video. Presiden batal hadir langsung ke Indonesia Arena karena ada agenda lain di Sumatera Utara. Sementara Erick Thohir selaku central board member FIBA dan Menpora Dito Ariotedjo hadir langsung ke lokasi.

"Hari ini Indonesia jadi tuan rumah bersama ajang bergengsi dunia yaitu FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena! Piala dunia ini diikuti 32 negara dan ada delapan negara yang bertanding di Jakarta," kata Jokowi dalam video.

"Tentunya ini kesempatan yang baik untuk komunitas basket di tanah air untuk menyaksikan dari dekat aksi pertandingan kelas dunia. Ini akan membantu tim nasional bola basket di masa depan. Dengan mengucap bismillah, FIBA World Cup 2023 resmi saya buka hari ini," lanjut Presiden.

Seremoni pembukaan diisi dengan tarian dari 60 penari yang memakai baju tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Grup vokal GAC (Gamaliel, Audrey, Cantika) kemudian tampil membawakan medley lagu-lagu daerah. Beberapa saat kemudian giliran penyanyi pop Indonesia Agnez Mo sukses menyihir penonton dengan penampilannya. Pembukaan kemudian dilanjutkan dengan parade bendera dari delapan negara peserta FIBA World Cup 2023 yang bertanding di Jakarta.

Pebasket NBA dari klub Dallas Mavericks yang tampil untuk timnas Kanada, Dwight Powell memuji kemegahan Indonesia Arena. Ini tempat yang baru jadi dan fasilitasnya sangat menakjubkan. Orang-orang di sini sangat membantu dan menyediakan segala yang kami butuhkan,” kata Dwight Powell. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat